Jumat 04 May 2018 12:31 WIB

Dirut Baru Bulog Ungkap Persediaan Beras Nasional

Budi Waseso berjanji akan membenani sistem kerja Bulog.

Red: Nur Aini
Budi Waseso.
Foto: Republika/Debbi Sutrisno
Budi Waseso.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama Bulog Komjen (Purn) Budi Waseso memastikan ketersediaan beras di dalam negeri aman hingga sekitar dua bulan ke depan.

"Yang pasti untuk dua bulan ke depan, (ketersediaan beras) sangat aman," kata Budi Waseso di sela-sela acara pemusnahan narkoba sabu di Monumen Nasional, Jakarta, Jumat (4/5).

Budi yang baru tiga hari bekerja sebagai pimpinan Bulog ini mengatakan pihaknya akan membenahi sistem kerja Bulog yang belum optimal.

"Saya akan mulai membenahi apa yang menghambat termasuk pendistribusian beras, penyerapan di dalam negeri, memastikan harga (beras) tidak mahal," katanya.

Dalam upaya menekan harga beras agar murah hingga ke konsumen, pihaknya akan memangkas sejumlah tahapan distribusi beras.

"Akan memangkas birokrasi penyerapan karena (distribusi beras) dari tangan ke tangan dan seterusnya, sehingga sangat tinggi (harga jual di konsumen). Padahal di petani sangat murah. Jadi nanti kami akan membuat hubungan langsung ke petani, sehingga harga tidak bisa dimainkan tengkulak," katanya.

Terkait hal tersebut, Budi akan mengevaluasi sejumlah pihak yang menjadi mitra Bulog. Ia mengakui rantai distribusi beras dari petani hingga ke konsumen, cukup panjang, sehingga berimplikasi dengan tingginya harga beras.

"Ada yang lima (rantai distribusi), ada yang dua (rantai distribusi), ada yang langsung," katanya.

Sementara terkait beras impor, pihaknya juga memastikan Bulog hanya akan mengimpor beras yang berkualitas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement