Rabu 02 May 2018 22:13 WIB

LLP-KUKM akan Gelar Temu Mitra di Tuban

Temu Mitra KUKM dilakukan untuk pembekalan strategi pengembangan akses pasar bagi UKM

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Emilia Suhaimi, dalam ajang pelatihan UKM 12 negara di Jakarta Selasa (24/4).
Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Emilia Suhaimi, dalam ajang pelatihan UKM 12 negara di Jakarta Selasa (24/4).

REPUBLIKA.CO.ID, TUBAN -- Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM akan menggelar acara Temu Mitra KUKM Produk Unggulan Daerah di Kabupaten Tuban, Jawa Timur Kamis (3/5). Sebanyak 60 pelaku UKM dijadwalkan hadir dalam acara tersebut.

Direktur Utama LLP-KUKM Emilia Suhaimi mengatakan tujuan dari digelarnya Temu Mitra KUKM ini untuk memberikan pembekalan tentang strategi pengembangan perluasan akses pemasaran bagi UKM batik tulis tenun gedok yang menjadi produk unggulan Tuban. “Maksud tujuannya memberikan pembekalan tentang pemasaran dan desain batik tenun gedok,” kata Emilia di sela persiapan acara pembukaan Temu Mitra KUKM, Tuban, Jatim, Rabu (2/5).

Emilia berharap dengan adanya kegiatan Temu Mitra ini dapat membantu akses pemasaran bagi para perajin batik tulis tenun gedog, serta mendorong perajin memperbaiki kualitas desain dari produk yang mereka hasilkan.

“Sehingga ke depan kita berharap upaya ini dapat memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi para pelaku usaha di Kabupaten Tuban,” ujar Emilia.

Emilia mengungkapkan bahwa acara Temu Mitra KUKM ini sebagai bagian dari tindaklanjut revitalisasi Paviliun Provinsi  di Gedung Smesco Indonesia Jakarta, dimana tenun gedog Tuban menjadi salah satu produk unggulan pilihan tahun 2018. 

Melalui revitalisasi, Smesco Indonesia kini tampil dengan wajah baru, yang diyakini mampu berdaya saing dan memberi value kepada pengunjung. Dengan demikian Smesco Indonesia diharapkan dapat mengangkat produk unggulan daerah termasuk tenun gedog Tuban.

Temu Mitra KUKM ini juga merupakan bagian dari rangkaian Sinergi Program antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), serta Tim Penggerak PKK di Kabupaten Tuban yang akan dibuka oleh Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla selaku Ketua Umum Dekranas pada hari yang sama.

Sinergi program ini akan diisi dengan kegiatan pelatihan tentang perkoperasian, kewirausahaan, vokasional, SDM, konsultasi sertifikasi hak cipta, akses permodalan maupun pemasaran, serta sosialisasi dana bergulir dan KUR kepada kurang lebih 290 pelaku UKM.

Kegiatan juga akan dibarengi dengan kunjungan Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla didampingi Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas sekaligus Ketua Bidang II TP-PKK Pusat Ibu Bintang Puspayoga, istri Menteri Koperasi & UKM dan Emilia Suhaimi ke Desa Wisata Batik Margorejo untuk melihat langsung sentra kerajinan batik tenun gedog. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement