Kamis 26 Apr 2018 12:55 WIB

Kementan Jajaki Kerja Sama dengan Asprindo

Asprindo memiliki perwakilan di 34 provinsi dan 30 perwakilan di luar negeri.

Red: EH Ismail
Audiensi Badan Ketahanan Pangan dengan Asprindo, di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (25/4).
Foto: Humas BKP Kementan.
Audiensi Badan Ketahanan Pangan dengan Asprindo, di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (25/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi menyambut baik dukungan Asosiasi Pengusaha Bumiputera Nusantara Indonesia (Asprindo) yang berniat menjajaki kerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan). Apalagi, kerja sama bertujuan untuk mendorong percepatan keberhasilan program  pengentasan kemiskinan.

“Asprindo ini kami harapkan sebagai mitra yang dapat menjadi booster untuk meningkatkan percepatan program pengentasan kemiskinan” kata Agung pada saat melakukan audiensi dengan Asprindo, di Kantor Kementan, Jakarta, Rabu (25/4).

Sinergi program Kementan dengan Asprindo, kata Agung, salah satunya diharapkan berperan sebagai pelaku yang dapat membuka akses pasar terhadap kelebihan produksi dari petani. Menurutnya, prinsip kerja sama  ke depan dapat mempercepat target yang ingin dicapai.

Senada dengan Agung, pengurus Asprindo Bidang Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan Irwansyah mengatakan, Asprindo memiliki perwakilan di 34 provinsi dan 30 perwakilan di luar negeri.

“Perwakilan kami di dalam dan luar negeri ini merupakan peluang yang besar untuk memasarkan produk pertanian. Untuk itu, kami harap kolaborasi dengan Kementan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat ke bawah ini bisa berlangsung strategis” tambah Irwansyah.

Sekretaris Jenderal Asprindo Pusat Hasminto Yusuf mengungkapkan, Asprindo telah melakukan pemetaan program khusus pertanian yang sejalan dengan misi Asprindo, yaitu Program Bekerja (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) yang diusung Kementan.

“Ini sejalan dengan misi besar Asprindo dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat” kata dia.

Dia melanjutkan, program tersebut di antaranya adalah program pekarangan pangan berkelanjutan dan diversifikasi pangan. Dalam hal ini, Asprindo dapat berperan dalam riset serta pengembangan produk produk pangan dan pertanian.

“Banyak hal yang yang perlu kita detailkan ke depan untuk fokus ke beberapa sektor kegiatan. Semoga ke depan kerja sama ini dapat diwujudkan melalui nota kesepahaman bersama,” ujar Hasminto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement