Jumat 20 Apr 2018 18:08 WIB

Peternak Sleman Panen Tiga Anak Sapi Sekaligus

Hal ini akan mendukung ketersediaan sapi di Indonesia.

Rep: Eric Iskandarsjah/ Red: Yusuf Assidiq
Kelahiran sapi kembar tiga.
Foto: Eric Iskandarsjah
Kelahiran sapi kembar tiga.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pada umumnya, sapi betina hanya mampu melahirkan satu pedet atau anak sapi dalam sekali bunting. Namun, berbeda dengan sapi dari salah satu perernak di Sleman, DIY. Kali ini, sapi yang ia ternak melahirkan tiga pedet sekaligus dalam sekali bunting.

Untuk mengetahui secara lebih mendalam, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI pun melakukan peninjauan di Kelompok Ternak Sedyo Manunggal, Desa Nglengis, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman. Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Sugiono, mengatakan kunjungan ini terkait dengan peninjauan Upsus Siwab (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting) yang telah dicanangkan oleh Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI.

"Kelahiran anak sapi kembar tiga adalah hal yang sangat langka. Biasanya, untuk mendapatkan tiga anak sapi, peternak memerlukan waktu hingga tiga tahun. Namun di sini cukup dengan satu kali bunting," ujar Sugiono di sela kunjungan, Jumat (20/4).

Menurutnya, ini adalah bukti nyata dari kerja sama antara tim di lapangan serta peternak dalam rangka menjalankan program Upsus Siwab. Setelah ini, ia pun akan melakukan pengkajian agar kelahiran kembar tiga ini dapat ditingkatkan di seluruh perernak di Indonesia.

"Tentu hal ini akan mendukung ketersediaan sapi di Indonesia. Jika jumlah sapi yang melahirkan kembar tiga dapat ditingkatkan, maka otomatis populasi sapi di Indonesia pun dapat meningkat dengan cepat," kata dia.

Meskipun, diakui, untuk merawat anak sapi kembar tiga tidaklah mudah. Mengingat, sapi potong biasanya hanya dapat menghasilkan sekitar lima liter susu dalam sehari. Artinya, jika peternak mendapatk sapinya melahirkan kembar tiga, maka peternak itu harus melakukan kegiatan ekstra untuk memastikan kesempatan hidup bagi anak sapi itu.

Oleh karena itu, lanjutnya, langkah untuk meningkatkan peluang kelahiran anak sapi kembar tiga juga harus diimbangi dengan pelatihan bagi peternak. Sehingga, peternak memiliki pengetahuan dasar dalam merawat anak sapi kembar, seperti pengetahuan  perlunya menyediakan susu tambahan untuk memenuhi kebutuhan anak sapi.

Ia pun mengatakan, saat ini anak sapi kembar tiga juga terdapat di beberapa wilayah lain di Indonesia. Di DIY hanya satu dan terdapat di Sleman. Kemudian juga ada dua kelahiran kembar tiga di Sumatra Barat, dan dua kelahiran di Jawa Timur. "Satu kelahiran kembar tiga juga terjadi di Jawa Tengah," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement