Ahad 15 Apr 2018 19:07 WIB

Pelindo III Batalkan Rencana Akuisisi PT Gresik Jasatama

Pelindo III semula berencana akan mengakuisisi saham mayoritas GJT.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Citra Listya Rini
PT Pelindo III Tanjung Perak
PT Pelindo III Tanjung Perak

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — PT Pelindo III (Persero) membatalkan rencana proses akuisisi PT Gresik Jasatama (GJT) yang beroperasi di Pelabuhan Gresik. Pembatalan dilakukan setelah Pelindo III melakukan kajian dan melakukan due diligent secara detail.

“Kami memutuskan untuk tidak melanjutkan (pembatalan) rencana tersebut. Namun, tidak terbatas pada pengakhiran kerja sama Pelindo III dan GJT di wilayah Pelabuhan Gresik sampai dengan batas waktu perjanjian yang ada. Karena tidak sesuai dengan ketentuan yang diamanatkan pemegang saham kepada kami (Pelindo III),” kata Sekretaris Perusahaan Pelindo III, Faruq Hidayat dalam siaran persnya, Ahad (15/4).

Sebelumnya, pada akhir Januari lalu Pelindo III sempat menyepakati nota kesepahaman dengan beberapa perusahaan logistik swasta, salah satunya GJT. Pelindo III semula berencana akan mengakuisisi saham mayoritas GJT.

Faruq menjelaskan, Pelindo III sebagai perusahaan pelat merah, tetap berpedoman pada asas kehati-hatian terhadap potensi risiko yang dapat timbul. Termasuk risiko akibat akuisisi ini berdasarkan good corporate governance.

"Pelindo III melihat beberapa risiko akuisisi termasuk tingkat leverage bisnis untuk target aset, secara komersial tidak menarik," kata Faruq.

Faruq menegaskan, dengan adanya pembatalan tersebut, Pelindo III hanya akan melaksanakan kerja sama sampai dengan kontrak selesai dengan GJT dan tidak memperpanjang masa sewa lahan ditempati. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement