Rabu 11 Apr 2018 16:29 WIB

KAI Tambah Kereta Rute Solo-Kutoarjo

KAI akan menambah dua train set yang masing-masing terdiri atas empat gerbong.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nur Aini
Kereta Api/Ilustrasi
Foto: Republika
Kereta Api/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO --- PT KAI menambah armada kereta baru untuk rute pulang pergi (PP) Solo-Yogyakarta-Kutoarjo . Direktur Utama KAI, Edi Sukmkro mengatakan penambahan armada rute Solo-Yogyakarta-Kutoarjo tersebut juga untuk persiapan angkutan Lebaran.

"Kita sedang inspeksi untuk persiapan Lebaran, kami kemungkinan besar akan menambah armada kereta yang baru, untuk sementara ini perjalanan Solo- Jogja-Kutoarjo, "tutur Edi di Solo pada Rabu (11/4).

Apalagi, menurutnya penumpang kereta rute Solo-Yogya atau arah sebaliknya terus mengalami peningkatan. Ia yakin kehadiran kereta baru itu akan membantu kereta Prameks dalam melayani penumpang rute Solo-Yogyakarta-Kutoarjo.

Edi menjelaskan terdapat dua train set yang akan didatangkan. Di mana masing-masing train set terdiri atas empat gerbong. Kereta jenis KRD itu menurutnya dapat mengangkut 200 sampai 500 penumopang. Kereta baru itu akan mulai beroperasi Mei mendatang.

Kereta baru tersebut rencananya akan tiba April mendatang. Ia mengatakan, kereta tersebut merupakan kereta yang disiapkan untuk kereta Bandara Adi Soemarmo-Solo Balapan. Lantaran proyek pembangunan rel kereta belum selesai, KAI pun memilih mengoperasikan terlebih dulu.

"Memang semula kita siapkan untuk Bandara Adi Soemarmo tetapi ini sudah jadi. Sambil menunggu kita operasikan saja. Kalau tidak dioperasikan kereta ini nanti malah rusak atau kemakan garansinya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement