Senin 05 Mar 2018 07:25 WIB

BNI Ajak Pelanggan Komunikasi dengan ''Cinta''

Aplikasi baru BNI akan melayani generasidigital dalam melakukan transaksi perbankan.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Gita Amanda
BNI
Foto: ,
BNI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) meluncurkan channel baru berbasis chatting dengan nama Cinta. Tujuannya untuk melayani generasi digital dalam melakukan transaksi perbankan.

Cinta merupakan singkatan dari Chat with your INTelligent Advisor yang menjadi kanal baru di BNI. Cinta didesain khusus untuk memberikan pengalaman baru dalam mendapatkan layanan keuangan, dengan  tiga nilai utama, yakni thoughtfulness, familiarity, serta simplicity. Tiga nilai itu bisa diwujudkan dengan dukungan teknologi Chatbot dan Artificial Intelligence (AI).

Soft launching Cinta dilakukan di Yap! Experience Booth, Jakarta Internasional BNI Java Jazz Festival 2018, Jakarta, Ahad (4/3) lalu. Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara, Komisaris BNI Joni Swastanto, SEVP Teknologi Informasi BNI Dadang Setiabudi, juga GM Divisi E-banking BNI Anang Fauzie.

Rudiantara mengatakan, ke depan sebaiknya dibuka peluang untuk menggunakan aplikasi chatting yang diciptakan oleh anak negeri atau anak-anak muda berbakat dan kreatif asli Indonesia. "Tidak menutup kemungkinan penggunaan aplikasi Cinta untuk menjawab pertanyaan pengguna yang memakai bahasa daerah di Indonesia," ujarnya di Jakarta.

Dadang Setiabudi menambahkan, thoughtfulness merupakan keunggulan Aplikasi Cinta. Dalam hal ini Cinta memiliki kemampuan mempelajari dan menganalisa perilaku pengguna aplikasi chat, sehingga dapat mengerti keinginan penggunanya.

"Cinta dapat memberikan penawaran produk, transaksi, dan program promo yang sesuai dengan kebutuhan dan ketertarikan masing-masing pengguna. Cinta memiliki kemampuan ini karena didukung oleh teknologi Artificial Intelligence (AI)," jelasnya.

Ia menambahkan keutamaan lain Cinta, yakni familiarity. Channel tersebut memanfaatkan budaya chatting yang sudah akrab dengan masyarakat sebagai alat utama untuk melakukan transaksi perbankan dengan cara chatting (bercakap) dengan Cinta di media aplikasi chatting. 

Kemudian, teknologi Chatbot yang dilengkapi oleh Natural Language Processing (NLP), membuat Cinta dapat bercakap dengan bahasa kasual. Dengan begitu masyarakat merasa seperti sedang chatting dengan manusia.

Adapun simplicity dalam hal ini memberikan kemudahan akses perbankan bagi masyarakat, tanpa ribet, yaitu cukup dengan menambahkan BNI Cinta sebagai teman  melalui aplikasi pesan (aplikasi chatting).  "Harapannya, semakin banyak dan luas masyarakat yang mendapatkan layanan informasi serta bertransaksi perbankan di BNI dengan adanya kemudahan akses melalui Cinta ini," ujar Dadang.

Kini Cinta hadir di beberapa aplikasi chatting terpopuler, yaitu Facebook Messenger (FBM) dengan nama BNI CINTA, di Twitter dengan nama @bni_cinta, dan di LINE dengan nama BNI CINTA (profile ID @bnicinta). Adapun fiturnya adalah informasi seputar produk layanan BNI, program promosi BNI, locator (ATM, Cabang BNI dan Agen 46). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement