REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan Lazada untuk mendorong penguatan segmen usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Kerja sama tersebut dilakukan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara BRI dan Lazada tentang Layanan Perbankan dan Dukungan Event yang bertema UPGRADEUKM yang ditandatangani oleh Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto dan Co-Chief Executive Officer (Co-CEO) Lazada Indonesia Florian Holm di Jakarta, Rabu (28/2).
Jasa dan layanan perbankan yang akan dikerjasamakan oleh BRI dan Lazada berupa sistem pembayaran bagi pelanggan Lazada yang dapat dilakukan melalui kartu kredit BRI dan jaringan e-channel Bank BRI seperti Internet Banking, ATM, dan EDC yang terhubung secara realtime online.
Kerja sama tersebut nantinya juga akan membantu nasabah UMKM BRI dan merchant yang saat ini menjadi anggota di Lazada. Hal itu mencakup jasa layanan perbankan, pengembangan UMKM, dan penyaluran KUR ke seluruh Indonesia. "Ini untuk memperkuat penetrasi bisnis pada sektor UMKM di Indonesia," kata Sis Apik.
Selain itu, untuk mendukung dan mempercepat peningkatan daya saing UMKM di pasar domestik dan global, BRI dan Lazada juga menyetujui dalam Nota Kesepahaman terkait dukungan pelaksanaan event UPGRADEUKM yang rencananya dilaksanakan di 29 Kota di seluruh Indonesia.
UPGRADEUKM merupakan rangkaian roadshow dalam memberikan fasilitas kepada pengusaha mikro, kecil, dan menengah untuk mengembangkan potensi usaha UMKM lokal yang ada di Indonesia. Namtinya, di setiap kota, BRI dan Lazada akan melaksanakan Seminar, Coaching, Motivasi, dan Forum Diskusi mengenai pengembangan dan edukasi bisnis e-Commerce.