Jumat 16 Feb 2018 14:44 WIB

Angpau Versi e-money Makin Populer di Cina

Terdapat 46 miliar angpau yang dikirim melalui e-wallet WeChat Tencent.

Rep: Nora Azizah/ Red: Joko Sadewo
Angpao (ilustrasi)
Foto: UOB
Angpao (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CINA -- Beberapa tahun lalu perusahaan raksasa Tencent Holdings Ltd dan Alibaba Group memperkenalkan angpau versi elektronik. Hong Bao atau angpai 'virtual' tersebut tetap berbentuk amplop merah. Hanya saja nominal uang di dalamnya dikirim melalui layanan transaksi elektronik WeChat.

Berdasarkan laporan Bloomberg, pada tahun baru cina atau Chinese New Year terdapat 46 miliar angpau yang dikirim melalui e-wallet WeChat Tencent. Padahal, dua tahun sebelumnya rasio pengiriman angpau elektronik dan tunai masih satu banding dua. Tidak hanya Tencent, Alibaba juga menawarkan angpau elektronik melalui layanan Alipay.

Angpau elektronik dianggap lebih cepat dan menjadi solusi memberikan amplop merah spesial di Lunar New Year. Pada perayaan tahun baru masyarakat Cina biasanya libur dan menghabiskan waktu di rumah. Angpau elektronik dianggap sebagai solusi memberikan angpau lebih cepat dan nyaman meski saat hari libur.

Memberikan angpau dalam bentuk e-wallet juga cukup efektif di Cina. Saat ini terdapat 530 juta penduduk Cina yang sudah menggunakan pembayaran mobile hingga akhir tahun lalu. Angka tersebut bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan Amerika Serikat (AS).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement