Senin 05 Feb 2018 22:12 WIB

Bappenas: Ekspor Busana Muslim RI Kalah dengan Cina

Pemerintah akan membuat peta jalan pengembangan sektor riil syariah.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Satria K Yudha
Busana sopan atau terjemahan dari modest fashion menjadi sebutan bagi pakaian yang menutup dan bisa dikenakan Muslimah.
Foto: EPA
Busana sopan atau terjemahan dari modest fashion menjadi sebutan bagi pakaian yang menutup dan bisa dikenakan Muslimah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro menekankan pentingnya Indonesia meningkatkan sektor riil syariah. Sebab, kata dia, Indonesia punya potensi besar dalam hal ekonomi syariah. 

Namun yang mengejutkan, justru negara pengekspor busana Muslim terbesar di dunia adalah Cina. Indonesia sendiri, ujarnya, tak masuk dalam kategori lima besar.

"Yang mengejutkan pengekspor busana Muslim terbesar di dunia itu adalah Cina. Indonesia tidak masuk lima besar," ujar Bambang di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (5/2).

Menurut Bambang, seharusnya Indonesia dapat mendorong ekspor di sektor produk halal dan syariah. Karena itu, untuk mengejar ketertinggalan, pemerintah akan segera membuat peta jalan  pengembangan sektor riil industri manufaktur halal.

Untuk memacu industri halal, pemerintah juga akan segera membahas  aturan lanjutan UU tentang Jaminan Produk Halal. "Tapi tetap memberikan kepastian di bidang usaha, tidak memberatkan mereka di operasional," kata dia.

Lebih lanjut, Bambang menilai perlu adanya bank syariah dengan skala yang besar. Sebab, bank syariah yang ada saat ini masih berskala kecil. .

"Kita berupaya akan adanya bank syariah yang besar yang basis utamanya dari BUMN," katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement