Senin 08 Jan 2018 17:28 WIB

Petani Desa Binangun Panen Padi 9,3 Ton per Hektare

Panen padi.
Foto: Antara.
Panen padi.

REPUBLIKA.CO.ID,  CILACAP  -- Para petani di Desa Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, sanggup panen padi hingga mencapai 9,3 ton per hektare. Produktivitas panen yang cukup tinggi ini mendapat apresiasi dari Kementerian Pertanian (Kementan).

"Luas panen pada Januari (di Kabupaten Cilacap) hampir 5.000 hektare dengan sekitar 2.000 hektare di antaranya berada di Kecamatan Binangun. Sedangkan di Desa Binangun ada 250 hektare yang insya Allah pekan ini panen semua," kata Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementan, Momon Rusmono, usai panen bersama di Binangun, Cilacap, Senin (8/1).

Kegiatan panen bersama itu juga dihadiri antara lain Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Jawa Tengah Harwanto dan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Cilacap Gunawan.

Momon mengatakan tanaman padi yang ditanam di Desa Binangun menggunakan varietas Inpari 33 yang produktivitasnya mencapai 9,3 ton per hektare. "Produktivitasnya 9,3 ton per hektare. Ini sangat luar biasa," katanya.

Bahkan, dia memperkirakan Kabupaten Cilacap akan memasuki panen raya pada Februari karena luasan panennya mencapai kisaran 13 ribu hektare.

Menurut dia, Kabupaten Cilacap yang memiliki luas lahan hampir mencapai 65 ribu hektare merupakan salah satu daerah penyumbang beras di Jawa Tengah. "Cilacap dan Grobogan memiliki potensi yang besar bagi Jawa Tengah," kata Penanggung Jawab Upaya Khusus Kementan Wilayah Jateng itu.

Terkait dengan potensi panen di Jawa Tengah, Momon mengatakan berdasarkan data pada bulan Januari 2018 ada sekitar 11 ribu hektare padi siap panen.

Ia memperkirakan luasan tanaman padi yang telah dipanen hingga saat ini mencapai kisaran 30-40 persen.

Dengan demikian, dia mengaku optimistis tidak perlu impor beras karena setiap hari ada panen dan setiap hari pula ada petani yang tanam padi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement