Jumat 05 Jan 2018 18:52 WIB

Harga Minyak Mentah Indonesia Tertinggi Sepanjang 2017

Harga minyak mentah Indonesia (ICP). (ilustrasi).
Foto: Reuters
Harga minyak mentah Indonesia (ICP). (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat bahwa harga Indonesian Cruide Price (ICP) atau minyak mentah di Indonesia tertinggi sepanjang 2017 terkait dampak kebijakan organisasi kelompok negara pengeskpor minyak (OPEC).

Baru-baru ini OPEC mengeluarkan kebijakan memperpanjang waktu pembatasan produksi minyak mentah hingga akhir tahun 2018. Kebijakan ini kemudian turut mempengaruhi naiknya hanga minyak dunia, yang berpengaruh juga pada naiknya ICP.

Berdasarkan data dari Kementerian ESDM di Jakarta, Jumat (5/1), rata-rata ICP naik menjadi 60,90 dolar AS per barrel pada bulan Desember 2017, naik sebesar 1,56 dolar AS per barel dari 59,34 dolar AS per barel pada bulan sebelumnya. Angka ini mencetak rekor harga minyak mentah Indonesia tertinggi sepanjang tahun 2017.

Peningkatan ICP ini tidak terlepas dari peningkatan harga minyak dunia yang dipengaruhi beberapa faktor. Seperti yang tercantum dalam publikasi OPEC bahwa produksi minyak mentah dari negara-negara OPEC pada bulan November 2017 turun sebesar 0,13 juta barel per hari. Sehingga produksi menjadi sebesar 32,45 juta barel per hari. Jumlah produksi minyak di bulan November turun dari bulan Oktober 2017 yang sebesar 32,58 juta barel per hari.

Menurut informasi yang dihimpun bahwa jalur perpipaan minyak terbesar di United Kingdom, North Sea Forties yang mengalirkan sekitar 450 ribu bopd minyak mengalami shut down. Gangguan ini juga turut mempengaruhi meningkatnya harga minyak dunia di penghujung tahun 2017.

Selain itu pula terdapat beberapa Kejadian internasional yang berkontribusi terhadap meningkatnya harga minyak dunia seperti terjadinya ledakan di terminal bus New York Port Authority, aksi mogok kerja buruh minyak Nigeria, meningkatnya penggunaan bensin di Amerika Serikat saat libur Natal, juga meningkatnya risiko geopolitik di Timur Tengah akibat pernyataan presiden Amerika terkait Yerusalem, serta meningkatnya permintaan

minyak mentah di Cina.

Berikut harga minyak mentah dunia per Desember 2017, Dated Brent 64,19 dolar AS per barel, Brent 64,09 dolar AS per barel dan WTI (Nymex) 57,95 dolar AS per barel.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement