Kamis 04 Jan 2018 15:35 WIB

Pelni Kenalkan Aplikasi Kirim Kargo

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Dwi Murdaningsih
PT Pelni memperkenalkan aplikasi layanan pengiriman kargo atau kontainer kepada publik.
Foto: pelni
PT Pelni memperkenalkan aplikasi layanan pengiriman kargo atau kontainer kepada publik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelni memperkenalkan aplikasi layanan pengiriman kargo atau kontainer kepada publik. Aplikasi bernama Pelni Logistics ini bertujuan untuk mempermudah pengiriman kargo atau kontainer. Para pemilik barang kini bisa mengunduh aplikasi tersebut di PlayStore pada ponsel android. Sementara bagi pengguna perangkat Apple, Pelni Logistics akan secepatnya tersedia di AppStore.

Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT Pelni Harry Boediarto mengatakan, aplikasi itu sangat mudah digunakan. "Cukup memasukkan jumlah kontainer yang ingin dipesan kemudian akan tampil jadwal kapal yang tersedia serta biaya yang dibutuhkan," ujarnya kepada wartawan di Kantor Pelni, Jakarta, Kamis, (4/1).

Selanjutnya, kata dia, di akhir pesanan, aplikasi secara otomatis akan mengirimkan kode pemesanan ke email pemesan. Lalu tinggal melakukan pembayaran lewat ATM.  Keunggulan lainnya, jelas Harry, lewat aplikasi ini pemilik barang bisa mencari tahu atau tracking posisi barangnya.

"Tujuannya untuk kemudahan jadi orang tidak perlu cari-cari telpon lagi. Ini era terbuka," kata dia.

Ia menambahkan, ke depan ditargetkan seluruh cabang yang disinggahi kapal Pelni bisa menggunakan aplikasi ini temasuk tol laut. Pelni pun terbuka untuk berintegrasi dengan pihak ketiga.

"Kita open platform jadi bisa terintegrasi dengan pihak ketiga. Misalnya dengan PT Pos, Cargo Garuda, dan lainnya. Sistem ini memang terbuka karena ke depan transportasinya juga harus terintegrasi," kata Harry.

Dirinya mencontohkan, intregrasi moda transportasi misalnya Pelni dengan Kapal Perintis bila ingin mengatarkan barang ke Timika, Papua. Kemudian misalnya integrasi dengan moda transportasi darat meliputi Transjakarta maupun Damri.

"Kita sudah mulai mengarah seperti itu," kata Harry.

Aplikasi Pelni Logistics akan resmi diluncurkan pada 28 April mendatang bertepatan dengan ulang tahun Pelni.

Saat ini aplikasi tersebut melayani tiga kapal dan 12 kota pelabuhan yang dilalui kapal penumpang Pelni. Jumlah itu akan terus bertambah dengan target pada akhir April nantu bisa mencapai 26 kapal penumpang Pelni serta 96 kota pelabuhan yang dilaluinya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement