Rabu 03 Jan 2018 14:05 WIB

Pemerintah Targetkan Tol Trans Jawa Bisa Dilalui Arus Mudik

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
 Kendaraan melintas di ruas tol Brebes Timur, Jawa Tengah, Sabtu (10/6). Jalan tol Trans-Jawa ruas Brebes Timur-Gringsing akan difungsikan bagi para pemudik
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Kendaraan melintas di ruas tol Brebes Timur, Jawa Tengah, Sabtu (10/6). Jalan tol Trans-Jawa ruas Brebes Timur-Gringsing akan difungsikan bagi para pemudik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan proyek Tol Trans Jawa bisa segera rampung pada 2018. Dia mengharapkan dengan tol tersebut bisa sepenuhnya tersambung pada tahun ini.

Jika cepat selesai, Basuki menginginkan Tol Trans Jawa bisa segera dilintasi padamusim mudik lebaran tahun ini. "Mudah-mudahan bulan Juni ini bisa dimanfaatkan fungsional untuk mudik lebaran," kata Basuki di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rabu (3/12).

Basuki memastikan semua pengerjaan masih dalam proses terutama soal tanah yang menurutnya sudah tak masalah. Untuk itu, dia menegaskan semua pihak terus membahas agar proyek tersebut bisa tepat waktu selesai sesuai target.

Seperti salah satunya untuk tol Pejagan-Pemalang yang menurutnya pengerjaanya sudah sesuai. "Misal untuk Pejagan-Pemalang pengerjaannya itu sudah 100 persen, konstruksinya sudah 84 persen," ujar Basuki.

Lalu untuk ruas tol Batang-Semarang, kata dia, dalam proses pembangunannya masih adakendala yang harus dihadapi. Basuki menjelaskan, pembangunan konstruksi ruas Batang-Semarang harus menghadapi tekstur tanah yang lunak sehingga harus menggunakan vacum seperti tol Palembang-Indralaya.

Selain Trans Jawa, Basuki memastikan dalam waktu dekat akan meresmikan ruas tol Trans Sumatra. Ruas tol tersebut yaitu Bakauheni-Tebanggi Besar yang rencananya akan segera diresmikan pada Januari 2018.

Basuki mengungkapkan mengenai financial closing untuk ruas Bakauheni-Tebanggi Besar sudah dilakukan pada pekan lalu. Dengan begitu, Basuki ingin percepatan konstruksi harus segera bisa dilakukan.

Tol Trans Jawa merupakan proyek yang akan menghubungkan Jakarta dan Surabaya.Setelah proyek tersebut selesai, akan ada sepanjang 745 kilometer tol yang bisa menghubungkan Jakarta ke Surabaya pada 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement