Ahad 31 Dec 2017 06:00 WIB

Cina Kembalikan 112 Juta Dolar AS untuk Entaskan Kemiskinan

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Endro Yuwanto
Kota Guangzhou Cina.
Foto: flickr
Kota Guangzhou Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Otoritas Cina memulihkan dana sebesar 112,20 juta dolar AS yang disalahgunakan dan memasukkannya dalam program pengentasan kemiskinan nasional.

Kementerian Keuangan Cina sekaligus Ketua Dewan Pengentasan Kemiskinan dan Pembangunan Nasional menyampaikan, hampir 450 orang dituduh melakukan penyalahgunaan dana tersebut di 28 provinsi. Namun, laporan itu tak menyebut bagaimana dana tersebut diselewengkan, demikian dilansir Xinhua, Sabtu (30/12).

Pemerintah Cina berjanji untuk mengentaskan kemiskinan pada 2020 dan menargetkan 70 juta warganya yang hidup di bawah garis kemiskinan bisa hidup lebih baik. Namun para peneliti dan pekerja kemanusiaan memprediksi penyelesaian persoalan ini akan memakan waktu lebih lama.

Cina sudah menghabiskan 196,1 miliar Yuan (30,14 miliar dolar AS) untuk program pengentasan kemiskinan dalam empat tahun terakhir. Cina sudah menghukum 970 orang karena menyelewengkan dana negara. Sejauh ini, Pemerintah Cina mengklaim sudah berhasil membuat 101.800 orang keluar dari daftar warga miskin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement