Senin 25 Dec 2017 05:05 WIB

Manajemen Tol Tangerang-Merak Maksimalkan Pelayanan

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Bilal Ramadhan
Pekerja memperbaiki jalan yang rusak di jalan tol Tangerang-Merak Kawasan Balaraja, Banten
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Pekerja memperbaiki jalan yang rusak di jalan tol Tangerang-Merak Kawasan Balaraja, Banten

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Manajemen Toll Road Tangerang-Merak, PT Marga Mandalasakti meningkatkan dan memaksimalkan layanan dan fasilitas untuk pengguna Toll. Manajer Pelayanan Lalu Lintas dan Informasi Operasional PT Marga Mandalasakti, Rahmatullah mengatakan, peningkatan layanan transaksi pun dilakukan dengan melakukan optimalisasi pengoperasian gardu dan penambahan petugas jaga.

Di Gerbang Tol Cikupa, lanjut dia, terdapat penambahan petugas yang berjaga untuk memastikan kelancaran transaksi bagi pengguna jalan. "Sehingga bila pengguna jalan memerlukan bantuan pada saat melakukan transaksi petugas akan siap sedia membantu," ujar dia, Sabtu (23/12).

ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak, lanjut dia, juga menyediakan layanan pengisian ulang/top up uang elektronik di setiap kantor gerbang. Selain itu, tersedia juga mobil layanan dari Bank yang berada di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) sepanjang Jalan Tol Tangerang-Merak yaitu di KM 43, KM 68 arah Merak dan KM 68, KM 45 arah Jakarta akan berlangsung pada 22 s.d. 28 Desember 2017.

"Dengan adanya mobil layanan tersebut pengguna jalan bisa membeli kartu perdana atau melakukan isi ulang uang elektronik," ujar dia.

Rahmatullah mengatakan, beberapa upaya memaksimalkan pelayanan juga dilakukan ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak untuk mengurangi angka kecelakaan. Beberapa diantaranya dengan memastikan pelengkapan rambu-rambu jalan, pemasangan spanduk himbauan aman berkendara di beberapa titik sepanjang tol, pemanfaatan media elektronik Variable Message Sign (VMS) baik di jalur maupunmobile dan optimalisasi observasi petugas layanan lalu lintas pada waktu rawan, serta relokasi lampu peringatan.

Selain itu, pihak manajemen Toll Road Tangerang-Merak juga akan terus memberikan informasi kondisi dan situasi lalu lintas terkini yang terjadi di Tol Tangerang-Merak melalui akun twitter resmi @tol_mms serta mengabarkannya secara langsung pada waktu-waktu ramai melalui radio Elshinta.

Fasilitas layanan Tol Tangerang-Merak lainnya tetap dioptimalkan untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna jalan pada saat libur panjang ini, yang terdiri atas 14 unit kendaraan Derek Gratis hingga gerbang tol terdekat, lima unit kendaraan Patroli jalan tol, enam unit kendaraan patroli Polisi Jalan Raya (PJR), empat unit kendaraan Ambulance dan tiga unit kendaraan Rescue termasuk satu unit dengan kemampuan mengangkat beban hingga 35 Ton, satu unit kendaraan Sky lift, dua unit kendaraan crane serta dua unit kendaraan Water Tank, dansembilan unit Variable Message Sign (VMS) yang terpasang pada jalur utama di sepanjang tol Tangerang-Merak.

"Selain itu bekerjasama dengan Otoritas Pelabuhan Penyebrangan (OPP) Merak memasang 2 unit VMS di KM 37+000 dan KM 66+000 arah Merak khusus untuk memberikan informasi tentang situasi lalu lintas di sekitar Pelabuhan Merak. Mobile VMS juga terpasang pada 2 unit kendaraan layanan lalu lintas ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak yang dapat menampilkan informasi seputar kondisi lalu lintas Tol Tangerang-Merak khususnya pada saat keadaan darurat," jelas dia.

Kemudian, ada 45 unit kamera pemantau jalur (CCTV) terpasang di beberapa lokasi di sepanjang jalan tol Tangerang-Merak untuk lebih meningkatkan kecepatan dan ketepatan petugas jalan tol dalam memberikan layanan. Layanan Informasi (Call Center) 24 Jam Tol Tangerang-Merak dapat diakses pada nomor telepon 0254-20 78 78, Bebas Pulsa 0-8001-77-78-79, serta di twitter @tol_mms.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement