Jumat 22 Dec 2017 13:06 WIB

Menteri Rini Tunjuk Faik Fahmi Jadi Dirut AP I

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Angkasa Pura I
Foto: angkasapuraproperti.co.id
Angkasa Pura I

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menunjuk Direktur Utama (Dirut) PT ASDP (Persero) Faik Fahmi menjadi Dirut Angkasa Pura (AP) I. Tak hanya itu, Rini juga memutuskan Staf Ahli Komunikasi Kementerian BUMN Devy Suradji menjadi Direktur Pemasaran dan Pelayanan AP I.

"Kami ucapkan selamat datang kepada bapak Faik Fahmi dan ibu Devy Suradji yang telah diberikan kepercayaan oleh pemegang saham untuk memimpin Angkasa Pura I," kata Corporate Secretary AP I Israwadi dalam pernyataan tertulis yang diterima Republika, Jumat (22/12).

Dia berharap dengan adanya jabatan baru tersebut maka akan membawa dampak positif bagi Angkasa Pura I. Sebab saat ini AP I tengah mendapatkan amanah untuk membangun tiga bandara yaitu Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Bandara Ahmad Yani Semarang, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

Tak hanya membangun bandara baru, pengembangan juga sedang diupayakan di sejumlah bandara. "Kami juga tengah mengembangkan sembilan bandara yang telah mengalami over capacity," ujar Israwadi.

Pengangkatan Faik sebagai Direktur Utama Angkasa Pura I dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham PT Angkasa Pura I (Persero). Hal itu sesuai dengan salinan surat Nomor SK-289/MBU/12/2017 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Dewan Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Angkasa Pura I Tanggal 22 Desember 2017.

Dalam salinan Surat Keputusan yang ditanda tangani Menteri BUMN tersebut, Kementerian BUMN memberhentikan dengan hormat Direktur Utama Danang S. Baskoro yang diangkat berdasarkan Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-240/MBU/10/2016, tertanggal 18 Oktober 2016. Begitu juga dengan Direktur Pemasaran dan Pelayanan Moch. Asrori yang diangkat berdasarkan pada Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK.222/11/2015, tertanggal 9 November 2015.

Sebelum menjabat sebagai Dirut AP I, Faik lama berpengalaman dalam Industri Perhubungan dan Transportasi. Faik pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT ASDP (Persero), Direktur Komersial Angkasa Pura II, dan Direktur Pelayanan di Garuda Indonesia.

Sementara Devy, sebelum menjabat Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I merupakan Staf Ahli Komunikasi Menteri BUMN. Devy juga pernah menjabat sebagai Direktur Marketing dan Komunikasi WWF Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement