Jumat 22 Dec 2017 08:48 WIB

Perekonomian AS Tumbuh Lebih Cepat dalam Dua Tahun Terakhir

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nidia Zuraya
Bendera Amerika Liberty
Bendera Amerika Liberty

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Perekonomian AS tumbuh pada laju tercepat dalam lebih dari dua tahun di kuartal ketiga, didukung oleh pengeluaran bisnis yang kuat, dan siap untuk bisa menjadi peningkatan moderat tahun depan dari pemotongan pajak yang disahkan oleh Kongres pekan ini.

Sementara data lain pada hari Kamis menunjukkan lonjakan jumlah orang Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran pekan lalu, kecenderungan yang mendasari klaim pengangguran tetap konsisten dengan pasar kerja yang ketat.

Ekonomi yang kuat dan pasar pekerjaan yang ketat telah menyebabkan banyak analis mempertanyakan perlunya paket pemotongan pajak senilai 1,5 triliun dolar AS. "Kami belum pernah melihat Kongres dalam sejarah melayani pemotongan pajak ke bisnis dan individu kecuali jika ekonomi berada dalam resesi. Lebih baik siap-siap, itu bisa menjadi perjalanan liar di tahun 2018." kata Chris Rupkey, kepala ekonom MUFG di New York seperti dilansir Reuters, Jumat (22/12).

Produk domestik bruto diperluas pada 3,2 persen year on year (yoy) pada kuartal terakhir, Departemen Perdagangan mengatakan dalam perkiraan PDB ketiganya untuk periode tersebut. Meskipun turun sedikit dari 3,3 persen yang dilaporkan bulan lalu, ini merupakan langkah tercepat sejak kuartal pertama 2015 dan merupakan kenaikan dari tingkat pertumbuhan 3,1 persen pada kuartal kedua.

Ini juga merupakan pertama kalinya sejak 2014 bahwa ekonomi menikmati pertumbuhan tiga persen atau lebih untuk dua kuartal berturut-turut. Penjualan ritel, data pasar tenaga kerja dan perumahan serta laporan lainnya menunjukkan bahwa ekonomi mempertahankan momentum solidnya di kuartal keempat.

Partai Republik di Kongres pekan ini menyetujui perombakan terbesar kode pajak dalam 30 tahun, dengan memberi Presiden Donald Trump sebuah kemenangan legislatif besar. Trump diharapkan segera menandatangani undang-undang tersebut. Pemerintahan Trump telah menggambarkan tagihan pajak sebagai kunci untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja.

Ekonom memperkirakan kenaikan ekonomi moderat dari perubahan pajak, yang mencakup pemotongan tarif pajak penghasilan perusahaan menjadi 21 persen dari 35 persen. Banyak dari mereka percaya bahwa rezim pajak yang lebih rendah akan menghasilkan pembelian kembali saham dan pelunasan hutang daripada dorongan investasi bisnis.

Dengan pemotongan pajak penghasilan untuk orang-orang yang condong ke rumah tangga berpenghasilan tinggi, para ekonom juga memperkirakan hanya penghematan marjinal terhadap belanja konsumen. "Kontribusi pemotongan pajak terhadap pertumbuhan ekonomi agregat akan sederhana, dalam kisaran sepersepuluh sampai dua per sepuluh persen," kata Anne Van Praagh, managing director strategi dan penelitian kredit global di Moody's Investors Service di New York.

"Kami tidak percaya bahwa pemotongan pajak perusahaan secara bermakna akan meningkatkan pengeluaran investasi bisnis."

Stimulus fiskal diperkirakan akan datang saat ekonomi berada pada posisi penuh, yang meningkatkan risiko overheating. Para ekonom, sebagai hasilnya, melihat laju kenaikan suku bunga yang lebih cepat dari Federal Reserve dari yang saat ini diantisipasi.

Bank sentral AS menaikkan suku bunga minggu lalu untuk ketiga kalinya tahun ini dan telah memperkirakan kenaikan tiga kali untuk tahun 2018. Saham perusahaan AS diperdagangkan lebih tinggi karena investor terus menghibur pemotongan pajak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement