Rabu 20 Dec 2017 15:59 WIB

Sambut Akhir Tahun, Satgas Pertamina Telah Efektif Bekerja

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Gita Amanda
GM PT Pertamina MOR IV, Ibnu Chouldum memeriksa armada motor suplai BBM di SPBU Sultan Agung, Semarang, Jumat (26/5).
Foto: Republika/Bowo Pribadi
GM PT Pertamina MOR IV, Ibnu Chouldum memeriksa armada motor suplai BBM di SPBU Sultan Agung, Semarang, Jumat (26/5).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Menghadapi lonjakan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) menghadapi liburan akhir tahun, Pertamina menyiapkan Satuan Tugas (Satgas) Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018. Satgas ini telah efektif bekerja mulai 18 Desember hingga 7 Januari 2018.

Unit Manager Communication dan CSR  Marketing Operation Region (MOR) IV Pertamina, Andar Titi Lestari, mengatakan pada libur akhir tahun nanti konsumsi BBM diperkirakan akan mengalami lonjakan oleh mobilisasi masyarakat yang akan merayakan Natal dan tahun Baru di wilayah Jawa Tengah. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, lonjakan konsumsi BBM jenis premium diperkirakan mencapai 10 persen. Sedangkan konsumsi Pertalite dan Pertamax diprediksi meningkat masing- masing 11 persen.

Demikian halnya konsumsi Pertamina Turbo diperkirakan mencapai 15 persen, Dexlite 18 persen, Pertamina Dex 31 persen serta konsumsi Avtur diperkirakan juga melonjak hingga 8 persen. Sedangkan konsumsi LPG diperkirakan juga melonjak 6.8 persen.

"Sementara Solar diperkirakan bakal turun satu persen karena adanya pembatasan operasional angkutan barang pada H-3 hingga H+3 serta penurunan kegiatan angkutan industri," katanya di Semarang, Rabu (20/12).

Guna mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM selama libur Nataru ini, Pertamina memberikan perhatian khusus pada titik konsentrasi jalur wisata dan jalur mudik yang berada di wilayah kerja Pertamina MOR IV, Jawa tengah dan Yogyakarta.

Sebanyak 18 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kantong yang tersebar di Jawa Tengah dan Yogyakarta telah disiagakan untuk mengantisipasi lonjakan permintaan BBM. SPBU kantong ini bersifat seperti mobile storage yang berfungsi memperpendek jarak suplai dengan siaga di SPBU. Keberadaan SPBU kantong ini untuk mempercepat pasokan BBM ke SPBU yang membutuhkan, karena lonjakan permintaan masyarakat selama masa liburan akhir tahun.

Selain itu, pada jalur mudik dan jalur wisata yang berpotensi mengalami kepadatan telah disiapkan kios BBM di Rest Area KM 252 dan pada Jalur Selatan Jalan Daendles III Purworejo serta lima titik motorist yang beroperasi sebelum dan sesudah Natal dan Tahun Baru di wilayah sekitar Tegal dan Brebes.

"Khusus untuk SPBU motorist, hanya akan beroperasi jika terlihat adanya kemacetan panjang kendaraan. Sehingga sifatnya bukan delivery order," jelasnya.

Andar juga mengimbau masyarakat yang hendak berwisata atau mudik agar mengisi tangki penuh di SPBU sebelum berangkat melakukan perjalanan jarak jauh. Sedangkan untuk mempermudah menemukan SPBU terdekat saat perjalanan, masyarakat dapat mengunduh aplikasi Pertamina GO atau menghubungi layanan kontak Pertamina di 1-500 000.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement