Rabu 13 Dec 2017 20:23 WIB

Cara Unik Siswa Pangkal Pinang Belajar Menabung

Kegiatan Ayo Menabung dan Berbagi di Pangkal Pinang.
Foto: cimb niaga
Kegiatan Ayo Menabung dan Berbagi di Pangkal Pinang.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKAL PINANG -- PT CIMB Niaga Tbk melalui program roadshow Ayo Menabung dan Berbagi kembali mengedukasi masyarakat khususnya pelajar tingkat SD, SMP dan SMA mengenai literasi keuangan dan perbankan. Kali ini program Ayo Menabung dan Berbagi diadakan di kota Pangkal Pinang dan dilaksanakan di 4 sekolah yaitu SMP Budi Mulia Pangkal Pinang, SMP Theresia Pangkal Pinang, SMA Santo Yosef Pangkal Pinang dan SDN 10 Pangkal Pianang.

Program Ayo Menabung dan Berbagi Pangkal Pinang di buka di SMP Budi Mulia dan dihadiri oleh Kepala Tim Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan keuangan Inklusif Bank Indonesia kota Pangkalpinang Edi Rahmanto, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar Edison Taher, Komisaris Independen CIMB Niaga Jeffrey Kairupan, Community Development Head CIMB Niaga Susy Hermanses dan Senior Branch Manager CIMB Niaga Pangkal Pinang Sidiq haryono.

Kegiatan yang diikuti 626 total peserta dari sekolah pilihan tersebut, Ayo Menabung dan Berbagi dikemas dengan konsep learn and play agar pesan dari rangkaian kegiatan dalam Ayo Menabung dan Berbagi dapat lebih mudah tersampaikan. Untuk Tingkat SD, Kegiatan Ayo Menabung dan Berbagi atau AMDB ini dikemas dengan games seru dan menarik seperti permaianan laptop Run Banking Run. Pada permainan ini peserta dapat belajar mengenai perbankan sambil bermain.

Permaianan Word Search Puzzle adalah permaianan mencari istilah perbankan yang dapat melatih kerjasama tim dan juga menyaksikan video animasi bertajuk Tour de Bank yang menjelaskan kegiatan perbankan. Selain itu para siswa tingkat SD juga diajak menanam sayuran bersama dalam media tanam Kit for Kids.

Menanam sama seperti menabung. Untuk mendapatkan hasil panen yang baik, tanaman harus dirawat setiap hari. Begitu juga dengan menabung, untuk mendapatkan hasil tabungan maksimal kita juga harus rajin menabung.

Berbeda dengan tingkat SD, untuk Tingkat SMP dan SMA peserta diajak bermain Kuis Literasi Keuangan Sang Juara dimana para peserta berlomba-lomba menjawab pertanyaan mengenai keuanagan dan perbankan untuk menjadi Sang Juara di setiap sekolahnya. Selain itu peserta juga diajak bermain permainan Ayo Duplikasi Gambar yang dapat melatih daya ingat dan juga kerja sama antar peserta.

Tidak sampai disitu, peserta tingakat SMP dan SMA juga diajak berkompetisi dalam Social Media Challenge yaitu lomba selfie/wefie dengan tema Kejar Mimmpi dengan Menabung berhadiah tabungan CIMB Niaga dengan total nilai Rp 6 juta.

Dalam pelaksanaannya Kegiatan Ayo Menabung dan Berbagi juga memperkenalkan tabungan Simpanan Pelajar atau Simpel yaitu tabungan yang dikhususkan untuk pelajar. Dengan setoran awal Rp 5.000,- untuk konvensional dan Rp 1.000 untuk Ib Simpel diharapkan dapat memudahkan pelajar untuk mulai menabung sedari dini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement