Senin 11 Dec 2017 09:37 WIB

YLKI: Waspadai Kecurangan Iming-Iming Diskon Akhir Tahun

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nur Aini
Diskon (ilustrasi)
Foto: massageplanetnews.blogspot.com
Diskon (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menjelang akhir tahun, tak sedikit sektor pelaku usaha menjual produk-produknya dengan harga yang miring atau biasa dikenal dengan "cuci gudang".

YLKI pun mengimbau konsumen meningkatkan kewaspadaanya terhadap produk yang sudah tak layak konsumsi, khususnya produk yang mendekati kadaluwarsa atau bahkan produk yang sudah kadaluwarsa.

Menurut YLKI, produk tersebut sengaja dilepas ke pasar untuk menghabiskan stok di gudang para pelaku usaha, distributor atau bahkan retailer lainnya. Guna mempercepat cuci gudang itu, pelaku usaha memberikan iming-iming diskon kepada konsumennya.

Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, mengatakan diskon juga berikan pada produk pakaian. Ia pun meminta konsumen untuk mewaspadai produk tersebut lantaran rata-rata pemberian diskon dilakukan dengan cara menaikkan harganya terlebih dahulu.

YLKI sering menemukan harga produk pakaian dinaikkan lebih dulu sebelum diberi diskon. "Padahal ini tindakan yang melanggar regulasi bahkan bisa dipidana," kata Tulus dari pers rilisnya, Senin (11/12).

YLKI pun meminta Badan POM dan Dinas Kesehatan untuk meningkatkan pengawasan dan operasi pasar menjelang tutup tahun ini. YLKI juga mendesak Kementerian Perdagangan dan Dinas Perdagangan melakukan pengawasan dan juga survei terhadap harga-harga produk pakaian yang harganya dinaikkan terlebih dahulu sebelum diberikan diskon.

Selain itu, YLKI juga mendorong kepolisian RI untuk melakukan penegakan hukum terhadap kedua hal ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement