Selasa 05 Dec 2017 22:47 WIB

88Spares Ikuti Pameran ShanghaiTex 2017

Perusahaan Marketplace B2B Untuk Industri Suku Cadang Mesin Tekstil dan Busana 88Spares di ShanghaiTex 2017
Foto: istimewa
Perusahaan Marketplace B2B Untuk Industri Suku Cadang Mesin Tekstil dan Busana 88Spares di ShanghaiTex 2017

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Perusahaan suku cadang mesin tekstil dan busana, 88Spares.com, ambil bagian dalam pameran industri tekstil tahunan terbesar di Cina bernama ShanghaiTex 2017 atau International Exhibition on Textile Industry yang ke-18, 27-30 November 2017. Pameran diadakan pada Shanghai New International Expo Centre ini mendatangkan lebih dari 60.000 pengunjung dan 1.200 eksibitor yang berasal lebih dari 80 negara.

Pada kesempatan tersebut, 88Spare memperkenalkan platform yang membantu para vendor suku cadang mesin untuk menjual produknya secara langsung kepada pembeli, melewati perantara tengah dalam prosesnya. Dengan begitu, pembeli bisa menghemat biaya dan vendor pun bisa mendapatkan untung lebih. 

“Alasan utama kami membangun platform ini adalah untuk mengatasi permasalahan utama yang terus berlanjut di industri tekstil,” ungkap Rosari Soendjoto, CMO sekaligus Co-founder dari 88Spares.com, dalam siaran pers yang diterima, Selasa (5/12).

Dikatakan Rosari, perrmasalahan yang sering dihadapi cenderung berpusat pada rantai pemasokan yang terlampau panjang antara vendor ke pembeli yang membuat keuntungan untuk kedua belah pihak semakin mengecil. 

“Fokus kami ketika membangun teknologi pada platform kami—dari fitur e-commerce sederhana hingga teknologi tingkat tinggi yang melibatkan Kecerdasan Buatan—adalah membantu menyelesaikan permasalahan ini bagi seluruh pemangku kepentingan dan memberdayakan industri secara keseluruhan,” ungkapnya.

Sebelumnya, tim 88Spares telah berkeliling Eropa, khususnya Italia dan Jerman untuk bertemu dan mengajak vendor-vendor Eropa untuk bergabung dalam platform mereka. “Hal yang kita pelajari setelah berbincang-bincang dengan vendor-vendor kami di Eropa adalah banyak sekali bisnis mesin tekstil yang membutuhkan solusi efisien agar bisa siap dan bertahan dalam industri 4.0,” tambah Rosari. 

Hartmut Molzahn sebagai CEO dan Co-founder menilai, 88Spare tak ingin menjadi disruptor dalam industri ini. Sebaliknya, pihaknya ingin menjadi faktor pemberdaya dan agen perubahan untuk revolusi industri 4.0.

 “Inilah mengapa kami membawa semua anggota tim ke ShanghaiTex 2017. Cina sebagai salah satu pusat global untuk industri mesin tekstil dan garment berhasil mengumpulkan seluruh pemain industri penting ke dalam ShanghaiTex. Kami ingin pemberdayaan tersebut bersifat borderless, dan dengan teknologi yang kami kembangkan saat ini, kami bisa melakukannya melalui eksibisi ini,” kata dia.

Tema pameran tahun ini bertajuk “Textile for Smarter Future” atau Tekstil untuk Masa Depan yang Lebih Cerdas. Dengan fokus pada Industri 4.0, ShanghaiTex 2017 berharap bisa mendorong industri tekstil secara keseluruhan untuk menjadi lebih digital dengan mengedepankan kemajuan teknologi dalam hal produksi, digitalisasi, keberlangsungan, dan servitisasi. 

ShanghaiTex 2017 juga mengundang berbagai ahli dalam industri untuk membawakan diskusi penting, seperti Jacob Li, Wakil Presiden dari Kutesmart, Agnes Kubiak, Co-founder dan Direktur Kreatif Style-Vision dari Paris, serta Profesor Doktor Tao Xiao Ming dari Hong Kong Polytechnic University. Adapun sorotan utama yang lain dalam acara tersebut adalah upacara final dan pembagian hadiah untuk lomba Wearable Technology X Textile Design serta forum pembeli yang diselenggarakan oleh Marks & Spencer.

“Kami akan secara resmi mulai meluncurkan fitur penjualan  pada kuartal pertama tahun 2018. Semua persiapan yang telah dilakukan hingga saat ini, termasuk ShanghaiTex 2017, adalah untuk memastikan bahwa platform kami akan sepenuhnya siap untuk melayani kebutuhan pengguna,” ungkap Hartmut. 

“Banyak yang bertanya selalu menanyakan ini dan jawabannya selalu satu: kami berasal dari Indonesia, berbasis di Singapura, dan siap untuk mendunia.”

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement