Kamis 16 Nov 2017 15:27 WIB

Wisatawan Muslim Indonesia Lebih Minati Thailand

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nur Aini
Wisata Thailand (Ilustrasi)
Foto: Traveltourismthailand
Wisata Thailand (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wisata halal sudah menjadi tren di negara-negara Asia, seperti Thailand, Jepang, dan Korea Selatan yang kini sudah mulai menyiapkan berbagai fasilitas muslim. Namun negara yang dinilai menarik minat wisatawan muslim Indonesia yaitu Thailand.

Menurut Branch Manager Java Traveller Indonesia, Ismanto, peminat wisata halal ke Bangkok sekarang ini terus bertambah dan semakin banyak.

"Karena sekarang banyak dari pihak operator lokal Bangkok yang mempromosikan produk muslim tour," tutur Ismanto kepada Republika.co.id, Kamis (16/11).

Menurutnya, untuk fasilitas sudah cukup memadai. Ismanto menjelaskan, untuk di Thailand meski mayoritas beragama Budha tapi negara tersebut sudah siap menyambut wisatawan muslim. Ada sekitar 15 masjid di Thailand dan mushala di tempat- tempat umum seperti mal atau tempat wisata seperti Dream World.

Dalam sebulan minimal pihaknya membawa 1 rombongan wisatawan muslim ke Bangkok dengan jumlah orang sekitar 10-30 orang. Dalam setahun Java Traveller bisa membawa sekitar 10-16 grup. Sedangkan untuk pelancong pribadi (individual) mencapai 5-7 kali dalam sebulan.

"Selain masjid dan mushala, sudah cukup banyak restoran halal di Bangkok. Peningkatan jumlah wisatawan kami ada 10 persen dari tahun lalu," katanya.

Meskipun lebih banyak wisatawan yang lebih memilih ke Thailand karena biayanya murah, kata Ismanto, tetapi Jepang dan Korea Selatan juga banyak menarik minat wisatawan. Jepang dan Korsel saat ini tengah gencar menyediakan paket muslim tour. Namun menurut Ismanto kedua negara tersebut belum sama siapnya seperti Thailand. "Jepang sudah lebih siap dibandingkan Korsel. Tapi Thailand, khususnya Bangkok, memang sudah lebih siap," ungkapnya.

Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF) Priyadi Abadi menjelaskan, ketiga negara tersebut memang sedang sangat gencar menarik wisatawan muslim, khususnya dari Indonesia. Fasilitas juga dinilai sudah cukup bagus, seperti penyediaan mushola di Bandara International. Bandara Suvarnabhumi Thailand sudah dilengkapi mushola dan restoran halal, kata Priyadi, begitu juga Bandara Jepang dan Korsel.

"Tapi Thailand lebih banyak peminatnya karena lebih murah, Rp 5 juta bisa jalan. Di travel saya dalam sebulan bisa dua grup dengan jumlah sekitar 80 orang yang jalan," tutur Priyadi yang juga pemilik travel Adinda Azzahra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement