Kamis 16 Nov 2017 05:11 WIB

Menhub: Tender Operator Patimban akan Digelar Maret 2018

Rep: arie lukihardianti/ Red: Budi Raharjo
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi
Foto: Republika/Rahayu Subekti
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, dan Proyek Pelabuhan Patimban, di Kabupaten Subang bisa menjadi industri pertumbuhan baru selain di Jakarta. Karena, kehadiran kedua proyek strategis ini memang diproyeksikan memecah konsentrasi kepadatan industri yang selama ini terbebani di ibu kota.

Menurut Budi, terkait pembangunan Patimban tersebut, pada Rabu (15/11) ini telah dilakukan petandatangan perjanjian antara Menteri Keuangan dan JICA. Harusnya, dirinya hadir namun harus mengisi Kuliah Umum di ITB. Kerja sama tersebut, dilakukan karena ada suatu financial closing untuk melakukan tender karena pembangunan tahap 1 sudah selesai. Namun, tahap dua, tiga dan empat masih financial closing.

"Operator bulan Maret tender. Nantinya kerja sama Indonesia-Jepang tapi Indonesia mayoritas," kata Budi seraya mengatakan pembangunan terminal ini diperlukan untuk memecah pengangkutan logistik.

Dalam kesempatan tersebut, Budi Karya Sumadi memberikan kuliah umumnya yang dihadiri sekitar 500 mahasiswa dari berbagai kampus, di Aula Barat, Institut Teknologi Bandung (ITB), Jalan Ganeca, Bandung, Rabu 15 November 2017. Beberapa pihak dari akademisi, pakar, praktisi, dan pejabat dari pemerintahan maupun swasta turut hadir.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement