Ahad 12 Nov 2017 16:12 WIB

6.000 Peserta Ramaikan BTN Tour de Borobudur XVII

Peserta BTN Tour de Borobudur saat memulai lomba, Sabtu (11/11).
Foto: BTN
Peserta BTN Tour de Borobudur saat memulai lomba, Sabtu (11/11).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Bank Tabungan Negara (BTN) menggelar ajang tahunan BTN Tour de Borobudur (TDB) mulai 11-12 November 2017 yang diikuti enam ribu peserta termasuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Direktur Utama Bank BTN, Maryono, mengatakan gelaran acara yang diselenggarakan ini merupakan yang ke-XVII dan sudah menjadi agenda rutin tahunan yang diikuti oleh berbagai peserta baik dari dalam maupun luar negeri.

"BTN ingin terus terlibat dalam ajang internasional ini. Selain mengharumkan nama bangsa, ajang ini juga sudah terbukti mendongkrak sektor pariwisata yang menjadi salah satu fokus dari pemerintahan Presiden RI, Joko Widodo," kata Maryono dalam siaran persnya, Ahad (12/11).

Pertumbuhan ekonomi di daerah salah satunya ditunjang oleh pariwisatanya. Untuk itu, kata dia, perseroan menilai potensi wisata daerah di Indonesia masih perlu dikembangkan dan disosialisasikan ke berbagai belahan dunia.

"Tour The Borobudur bisa menjadi contoh bagi daerah lain untuk menggelar ajang serupa dengan menonjolkan keunikan daerah masing-masing," tambah Maryono.

Dalam ajang BTN TDB tersebut, BTN juga berpartisipasi untuk melestarikan lingkungan dan menggerakkan ekonomi Jateng. Selain ajang BTN Tour de Borobudur XVII, ada beberapa aksi sosial yang juga dilakukan misalnya untuk setiap 1 kilometer (km) yang ditempuh setiap peserta, akan disumbangkan dana senilai Rp 1.000.

Perseroan juga ikut melestarikan lingkungan di Bendungan Jatibarang dengan menebar 10 ribu benih ikan dan menanam 1.000 bibit pohon buah di kawasan waduk yang juga menjadi objek wisata Semarang tersebut.

Adapun dalam BTN Tour de Borodudur XVII terdapat empat kategori antara lain kategori 100K dengan jarak tempuh 100 kilo meter (km) yang akan diikuti 1.200 peserta, kategori 200K dengan jarak tempuh 60 km dengan jumlah peserta sebanyak 200 orang dan kategori VIP dengan jarak tempuh 30 km dengan 500 peserta dan terakhir, New Armada dengan jarak tempuh 18 km yang akan diikuti 4.000 orang.

Perhelatan olahraga sepeda tahunan ini juga diikuti 200 atlet profesional. Rute yang akan dilalui para peserta BTN Tour de Borobudur XVII merupakan titik-titik pariwisata di Jawa Tengah di mana para peserta akan melewati Waduk Serbaguna Jatibarang Semarang, Desa Limbangan, Rindam IV Diponegoro, Pendopo Kab Temanggung, Balkondes Karanganyar Borobudur dan Candi Borobudur.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mengungkapkan pihaknya sangat mengapresiasi peran Bank BTN dalam mendorong pariwisata di daerahnya.  "Ini kegiatan besar yang sangat positif, kita sangat apresiasi. Agar masyarakat gemar berolah raga sekaligus promosi pariwisata bagi Jawa Tengah," tegasnya.

sumber : Siaran Pers BTN
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement