Sabtu 11 Nov 2017 10:42 WIB

Singles Day, Alibaba Raup 1,5 Miliar Dolar dalam Tiga Menit

Rep: Nora Azizah/ Red: Esthi Maharani
Alibaba Grup (ilustrasi)
Foto: REUTERS
Alibaba Grup (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Perusahaan online raksasa Alibaba mengumumkan bahwa berhasil mencapai nilai transaksi sebesar 10 Miliar Yuan atau setara 1,5 Miliar dollar AS. Laman Fortune melaporkan, Jumat (10/10), Alibaba berhasil mendapatkan jumlah tersebut hanya dalam waktu tiga menit pada Single Day. Seperti diketahui, Singles Day merupakan hari diskon online dunia yang diprediksi akan jauh lebih besar dari Black Friday.

Dalam waktu tiga menit kemudian, Alibaba kembali menambah nilai transaksi menjadi 19 Miliar Yuan. Sementara pada tahun lalu, Alibaba memperoleh 17,7 Miliar Dollar AS dalam Singles Day. Singles Day telah menjadi waktu belanja online 24 jam terbesar di Cina mengalahkan Black Friday dan Cyber Monday US. Dalam hari belanja online tersebut menyita perhatian para konsumen di Cina dan sekitarnya.

Ketika pemesanan dan pembelian dilakukan, para delivery man dan robot sudah mulai mengemas dan mengantar barang. Diperkirakan ada sekitar 1,5 miliar paket yang diantar berdasarkan pemesanan melalui Singles Day. "Ini memang peristiwa besar bagi Cina, bagi perekonomian Cina," ujar Co-founder dan Vice Chairman Alibab Group Joseph Tsai. Menurutnya, Singles Day merupakan ajang kompetisi 'siapa cepat dia dapat', serta hiburan bagi konsumen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement