Rabu 08 Nov 2017 09:11 WIB

5 Tips Jitu Dapatkan Ide Bisnis Startup

Startup. Ilustrasi
Foto: expertbeacon.com
Startup. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Bagaimana dengan inovasi terbaru banyak perusahaan yang menggunakan media online untuk menarik perhatian pelanggan? Apakah kebanyakan produk mereka cukup berguna? Bisnis startup memang tengah merebak di Indonesia, bahkan di dunia. Di mana mereka mendapat respons yang luar biasa positif dari bisnis secara online ini.

Usaha rintisan berbasis digital ini tak hanya di bidang yang sudah umum layaknya pengiriman barang saja, namun meluas lagi ke banyak bidang dan tak jarang mereka justru meraih kesuksesan. Untuk itu, Anda yang merasa terinspirasi untuk mengikuti kesuksesan mereka mungkin memiliki ide untuk mendirikan bisnis startup.

Namun, ada beberapa tips untuk Anda agar tidak bingung ketika menjalaninya.

Pertama, pelajari dulu apa itu startup. Ketika ingin terjun ke dunia tersebut tanpa tahu apapun, bagaimana Anda bisa berkembang dan menggali potensi mana yang berpeluang untuk dimasuki? Tentu saja tidak akan bisa.

Mungkin semua pengusaha awalnya memang tidak memiliki bekal yang cukup untuk bisnis startup. Tak mengelak bahwa banyak pengusaha tidak tahu apa itu bisnis startup dan bagaimana cara menjalankannya.

Namun, mereka belajar dan menggali informasi sebanyak-banyaknya. Tak ayal mereka juga terjun langsung dengan cara menjadi karyawan, magang dan lainnya untuk tahu dunia startup seperti apa. Baru setelah itu mereka merintis dan merencanakan bisnis apa yang ingin mereka dirikan.

Dengan begitu, bekal ilmu dan pengalaman mereka sebelumnya bisa membantu lebih banyak ketika mendirikan usahanya. Jangan sampai Anda tidak tahu kedalaman laut lalu main menyelam saja.

Kedua, pikirkan bidang apa yang ingin diambil. Selanjutnya adalah memikirkan bidang apa yang ingin didirikan dan dituju. Umumnya startup merupakan sebuah bisnis yang berlandaskan bidang dan target, Anda harus memiliki target pasar terlebih dahulu lalu tentukan bidangnya.

Misalnya, Go-Jek yang berdiri untuk memecahkan masalah masyarakat yang merasa kesal dengan kemacetan Jakarta. Maka target pasarnya adalah karyawan khususnya masyarakat di kota besar. Sementara bidangnya tentu saja transportasi. Hal seperti ini penting demi kelancaran dan kesesuaian bisnis Anda dengan startup itu sendiri.

Ketiga, pilih ide dari hal yang disukai. Tips yang ketiga ialah mencari ide atau menelusuri ide sesuai dengan keinginan atau minat. Di mana minat merupakan hal yang paling diketahui dan dipahami tentunya. Dengan begitu, ketika memutuskan mendirikan bisnis, Anda sudah tahu seluk beluk bidang tersebut.

Misalnya, Anda suka memasak dan membuat startup untuk makanan online.Karena sudah tahu apa saja makanan yang akan disukai pasar, akan lebih mudah mendirikan bisnis dan mengenalkannya pada konsumen. Apalagi ketika baru mendirikan startup tersebut, tidak terasa berat jika memang bidang tersebut sesuai dengan kesukaan dan minat Anda. Di sisi lain, semangat Anda untuk mendirikan bisnispun tidak turun hanya karena mood atau tantangan bisnis.

Keempat, jangan lelah mencoba. Sedang mencari ide kok malah mencoba? Apa hal tersebut tidak salah? Mencoba tidak harus menggunakan hal yang besar kan? Jika selalu berpikiran sulit dan lainnya,kemungkinan besar tidak akan pernah selesai. Cobalah dengan hal kecil. Uji dulu startupAnda dengan sebuah angket bisnis.

Cobalah juga dengan membuat startup mini atau aplikasi mini percobaan dan bagaimana respons masyarakat yang mengetahuinya. Intinya, jangan pernah lelah mencoba.Sebab sebagian orang mengaku bahwa mereka mendapatkan ide bisnis yang tepat ketika semua sudah berjalan,bukan dari nol.

Kelima, amati teknologi. Bisnis startup berjalan dengan sangat cepat dan dinamis.Anda meleset sedikit maka ide yang dimiliki sudah basi alias tidak terpakai. Untuk mendapatkan ide yang potensial, Anda harus memerhatikan seperti apa teknologi yang sedang digemari dan disukai masyarakat saat ini.

Carilah ide yang bisa masuk ke dalam teknologi tersebut. Anda juga bisa mencari ide dengan fenomena teknologi yang sedang ada.Waktu dulu sedang ramai menggunakan Instagram maka penggunaan instagram bisa membantu startup. Sekarang ini sangat banyak dan bervariasi pilihan teknologi yang supercanggih. Anda tinggal menyesuaikannya.

(Konten ini kerja sama Republika dengan Cermati).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement