Selasa 07 Nov 2017 13:03 WIB

Pertimbangkan 6 Hal Penting Ini Sebelum Beli Rumah

Perumahan (ilustrasi).
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Perumahan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah menjadi salah satu aset berharga yang terbilang sulit dimiliki kebanyakan orang. Karena itu, sangat penting untuk merencanakan pembeliannya dengan sangat matang.

Dibutuhkan dana yang cukup besar untuk bisa memiliki aset yang satu ini, terutama jika Anda tinggal di wilayah perkotaan yang ketersediaan lahan huniannya sangat terbatas.

Jika Anda berencana untuk segera membeli sebuah rumah, pastikan memiliki sejumlah dana yang bisa dialokasikan untuk kebutuhan tersebut. Jumlah dana ini terbilang cukup besar, bahkan meski Anda melakukan pembelian ini dengan menggunakan layanan KPR dari bank.

Kondisi keuangan yang memadai sejak awal akan sangat mempermudah dalam menemukan rumah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan keuangan Anda. Namun, terkait dengan pembelian ini, Anda juga wajib memiliki penilaian khusus terhadap rumah yang akan dibeli nanti.

Hal ini akan sangat membantu Anda untuk bisa lebih mudah menemukan rumah yang tepat dan membuat pembelian yang dilakukan memiliki manfaat yang maksimal.

Hindari masalah dalam pembelian rumah Anda dengan mempertimbangkan enam hal penting ini sebelum memutuskan membeli rumah:

Pertama, pastikan harga rumah sepadan dengan apa yang Anda bayarkan. Apa yang Anda beli tentu haruslah sesuai dengan nominal uang yang dimiliki dan sejauh mana kesanggupan Anda. Hal seperti ini juga berlaku ketika akan membeli rumah.

Pastikan harga yang harus Anda bayarkan memang sepadan dengan nilai rumah yang akan didapatkan nanti sehingga Anda tidak mengalami kerugian atas pembelian tersebut.

Harga ini tentu harus Anda sesuaikan dengan berbagai aspek lainnya terkait dengan rumah itu sendiri.Dengan demikian, pembelian yang akan Anda lakukan bisa mermanfaat maksimal bagi keuangan.

Kedua, sebisa mungkin lokasi mudah diakses. Di mana Anda akan membeli rumah? Di kotakah atau cukup di wilayah pinggiran kota saja? Lokasi rumah akan sangat menentukan harganya, terutama pada beberapa wilayah perkotaan yang padat dan mematok harga lahan perumahan yang sangat tinggi.

Pertimbangkan dengan baik lokasi rumah yang akan Anda beli, terutama jika ini akan menjadi hunian pribadi. Anda harus mempertimbangkan bagaiman akses dari rumah menuju tempat kerja Anda saat tinggal di sana nanti.

Jangan sampai Anda memiliki rumah dan tinggal di sana, tetapi justru memiliki kendala dalam bekerja dan beraktivitas setelahnya.

Ketiga, punya nilai potensial di masa yang akan datang. Entah ditinggali atau tidak, rumah yang akan Anda beli adalah bentuk investasi yang dilakukan dalam keuangan.

Artinya, sangat penting bagi Anda untuk melihat potensi dari kepemilikan rumah ini di masa yang akan datang sehingga memiliki rumah ini bisa memberikan manfaat maksimal dalam keuangan.

Lihat dan hitung dengan cermat seberapa besar potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan atas pembelian rumah tersebut, termasuk berbagai risiko yang akan ditanggung dalam pembelian tersebut. Hal ini akan membuat pembelian Anda lebih terukur dan memperkecil potensi kerugian pada masa yang akan datang.

Keempat, memadaikah fasilitas yang disediakan? Pertimbangkan juga berbagai fasilitas yang terdapat di lingkungan rumah tersebut, terutama jika Anda telah berkeluarga dan memiliki anak.

Penting bagi Anda untuk tinggal di lokasi yang dekat dengan fasilitas kesehatan, fasilitas belajar, bermain, belanja, dan fasilitas pendukung lainnya yang Anda butuhkan bersama dengan keluarga. Fasilitas yang memadai seperti ini akan membuat Anda lebih leluasa dan bisa memenuhi semua kebutuhan keluarga dengan mudah dan cepat.

Keenam,    cek kualitas bangunan. Material yang akan digunakan dalam membangun rumah juga menjadi poin penting dalam pertimbangan Anda.Sebab hal ini akan memengaruhi kualitas rumah yang akan dibeli nanti.

Cari tahu informasi ini dengan baik dan lengkap sehingga Anda tidak membeli sebuah rumah yang rapuh dengan kualitas buruk dan akan bermasalah di kemudian hari.

Keenam,    lebih pasti dengan memilih pengembang bereputasi. Kenali juga perusahaan pengembang yang akan Anda pilih. Sebab saat ini banyak sekali perusahaan yang bergerak di bidang tersebut.

Pastikan Anda memilih pengembang yang memiliki reputasi yang baik di mana mereka memiliki kinerja dan juga rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap bisnisnya. Hal ini akan menghindarkan Anda dari berbagai masalah, termasuk prosedur pembelian dan kualitas bangunan yang akan Anda beli.

Dalam membeli rumah, Anda tidak bisa melakukannya dengan terburu-buru. Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Cermati setiap poin di atas dengan baik supaya pembelian rumah yang Anda lakukan bisa memberikan manfaat yang maksimal dalam keuangan.

(Konten ini kerja sama Republika dengan Cermati.)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement