Senin 23 Oct 2017 01:01 WIB

Investasi Berlian, Ini Kelebihan-Kelebihannya...

Rep: Desy Susilawati/ Red: Elba Damhuri
Berlian raksasa diperkirakan harganya mencapai lebih dari 20 juta dolar AS atau lebih dari Rp 191 miliar.
Foto: abc
Berlian raksasa diperkirakan harganya mencapai lebih dari 20 juta dolar AS atau lebih dari Rp 191 miliar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama ini publik hanya mengetahui emas sebagai salah satu alat investasi yang menguntungkan. Selain bisa dijadikan sebagai perhiasan, harga emas tidak surut.

Namun, ada investasi dengan perhiasan lain yang juga menarik dan patut dicoba yaitu investasi berlian. Gemologist PT Central Mega Kencana, Devi Chayadi, mengungkapkan hal ini dalam acara "Media Workshop-Diamond Talk" di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Berlian, kata dia, sangat menarik sebagai alat investasi. Ketertarikan itu tidak selalu membawa kebahagiaan pada orang. "Berlian jadi alat investasi yang juga bisa dipakai sehingga nilai investasi yang terkandung di dalam berlian adalah kecantikan dan warisan, tidak seperti pada saham properti dan emas batangan," jelas Devi.

Keunggulan berlian dibanding alat investasi lainnya, berlian bisa dipakai sebagai aksesoris. Selain itu berlian juga memiliki nilai jual dengan keuntungan rendah. Pergerakan harga berlian tidak sedinamis produk invetasi lainnya. "Namun jangan berharap dapar profit tinggi," ujarnya.

Menurut Devi, ada potensi keuntungan tapi bukan sesuatu yang bisa digarisbawahi dan ditonjolkan. Ia menjelaskan kelebihan berlian sebagai perhiasan, lebih kepada sesuatu yang mudah dibawa-bawa dan investasi untuk kecantikan. "Orang Indonesia dan lainnya punya memori untuk direkam. Berlian jadi salah satu alat untuk merekam itu," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement