Jumat 20 Oct 2017 18:11 WIB

Melirik Peluang Investasi Apartemen

Rep: Christiyaningsih/ Red: Esthi Maharani
Apartemen dan rumah semi permananen di kisaran sunter podomoro, Senin (9/10).
Foto: Republika / Darmawan
Apartemen dan rumah semi permananen di kisaran sunter podomoro, Senin (9/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Popularitas apartemen sebagai hunian mendorong sebagian masyarakat untuk mulai berinvestasi dengan membeli atau memiliki unit apartemen. Apartemen juga sudah dilirik masyarakat sebagai investasi atau sumber penghasilan tambahan.

"Di OLX apartemen yangyang ditawarkan untuk dijual meningkat tujuh persen sedangkan untuk yang disewakan meningkat 33 persen dibandingkan tahun lalu," ungkap Chief Commercial Officer OLX Indonesia Agung Iskandar, Kamis (19/10).

Sepanjang tahun 2017, pencari apartemen di situs iklan baris itu naik 20 persen jika dibandingkan tahun lalu. Dalam survey terbaru yang melibatkan pengguna OLX, peminat apartemen didominasi kelompok pekerja muda dan mahasiswa. Menurut Agung, bisnis sewa apartemen menarik karena lebih menguntungkan daripada penyewaan rumah.

"Keuntungan per bulan dari penyewaan rumah ada di kisaran lima persen sedangkan apartemen tujuh sampai 10 persen," ungkapnya. Harga akan semakin terkerek apabila apartemen terletak di lokasi yang strategis.

Ai Sri, salah satu pengguna OLX di Jakarta sudah sejak 2013 menjalankan pola investasi seperti ini. Selain harga jual apartemen yang pasti naik setiap tahunnya, uang sewa pun mengalami peningkatan. "Uang sewa memang naiknya sedikit, tapi dalam tiga atau enam bulan pasti ada kenaikan," ujarnya.

Sri memiliki unit apartemen di Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Bandung. Menurut Agung, para pelaku jual beli dan sewa menyewa apartemen seperti Ai Sri diyakini akan terus bertambah. Survey OLX menunjukkan banyak dari mereka yang baru enam bulan belakangan menjajal bisnis ini.

Adanya platform ikan baris daring seperti OLX membantu memasarkan apartemen yang mereka punya. "Layanan OLX memastikan calon pembeli atau penyewa mendapat kemudahan dalam menemukan apartemen. Sekaligus memberikan kesempatan bagi pengiklan mendapatkan calon pembeli potensial sebanyak mungkin," kata Agung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement