Selasa 17 Oct 2017 11:30 WIB

Kisruh Zona Eropa Tahan Penguatan IHSG

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Elba Damhuri
Pasar Saham Eropa
Foto: Reuters
Pasar Saham Eropa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,13 persen atau 7,88 poin di 5.957,58. Diharapkan laju IHSG hari ini dapat melanjutkan penguatannya.

Namun, sekitar pukul 10.05, IHSG justu berbalik melemah 0,13 persen atau 7,9 poin ke 5.941,8. Pukul 10.15, IHSG pun semakin terperosok dengan penurunan 0,18 persen atau 10,78 poin ke 5.938,92.

Analis Senior Binaartha Securities Reza Priyambada mengatakan, masih adanya sentimen positif memang diharapkan bisa kembali terjaga. Dengan begitu laju IHSG masih berkesempatan melanjutkan pergerakan positifnya.

Hanya saja, kata dia, masih kisruhnya di zona Eropa dapat menghalangi kenaikan lanjutan tersebut. "Apalagi jika nantinya berimbas pada pada pelemahan EUR (mata uang Euro) dan membuat kurs Rupiah terapresiasi," ujarnya di Jakarta, Selasa, (17/10).

Maka, menurut Reza, kenaikan IHSG harus kembali diuji ketahanannya agar dapat kembali melanjutkan penguatannya. "Tetap antisipasi sentimen utama terutama dari berita sektoral dan emiten," kata Reza.

Ada beberapa saham pilihan yang di rekomendasikannya hari ini. Di antaranya saham PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), dan PT Gudang Garam Tbk (GGRM).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement