REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemimpin global dalam solusi integrasi cloud and big data, hari ini mengumumkan bahwa Bank Danamon, salah satu lembaga keuangan terbesar di Indonesia, memanfaatkan Talend Real-time Big Data Platform dan Talend Data Services Platform untuk membuka potensi analisis real-time dan integrasi dengan informasi dari internet. Bersama Talend, Bank Danamon berencana untuk mempercepat strategi transformasi digital dan selanjutnya meningkatkan kualitas layanan nasabah, sekaligus mendorong tingkat profitabilitas.
Bank Danamon merupakan bank terbesar kelima di Indonesia yang mengoperasikan lebih dari 1.700 cabang dan anak perusahaan di seluruh Indonesia, dari Aceh sampai Papua. Transaksi bisnis perbankan sudah menciptakan volume data yang signifikan setiap jamnya, dan ini diperkirakan akan tumbuh secara eksponensial di tahun-tahun mendatang.
Karena perangkat pengolah data yang ada belum dapat mengintegrasikan banyak sumber data berbeda, bank belum sepenuhnya memanfaatkan keuntungan dari teknologi baru. Dengan menggunakan Talend, Bank Danamon berencana untuk mengintegrasikan, melancarkan, dan menganalisis data dari platform mana pun dengan cepat untuk mendorong peluncuran layanan baru yang menarik untuk nasabah.
Pada saat yang sama, Talend akan membantu Bank Danamon untuk membuktikan investasi teknologi mereka, yang memungkinkan pengembangan proyek di satu platform cloud bisa digunakan kembali di seluruh negara lain, dan menyederhanakan penerapan teknologi terkait data serta inovasi open source baru.
“Kami membutuhkan solusi intuitif dan tangkas untuk mengelola semua data kami sekaligus meningkatkan insiatif perlindungan kerahasiaan dan keamanan data kami serta dalam hal kepatuhan,” kata Decision Management Head, Decision Management-Data & Analytics Bank Danamon, Billie Setiawan, dalam siaran persnya, Kamis (12/10).
“Talend akan membantu kami, tidak hanya untuk mengatasi tantangan integrasi data saat ini, tapi juga memenuhi kebutuhan masa depan, memastikan bahwa kita dapat mengimbangi pasar data dan teknologi yang berubah dengan cepat. Dengan investasi teknologi kami yang fleksibel, kami dapat fokus untuk meningkatkan layanan nasabah dan mendorong inovasi untuk bisnis kami," ujarnya menambahkan.
Dengan memperlancar data transaksi dari berbagai sumber, Bank Danamon akan semakin responsif dan fleksibel dalam menanggapi kebutuhan nasabah dan peluncuran produk dan layanan terbaru.
“Di era digital ini, kecepatan perusahaan untuk dapat memproses dan menganalisis data bisa berarti perbedaan yang jelas antara mendapatkan atau kehilangan nasabah. Dengan senang hati, kami bekerja sama dengan Bank Danamon dan membantu mereka mencapai kecepatan dan ketepatan data yang mereka butuhkan, agar tetap berada di depan kurva teknologi dan memberikan layanan yang lebih cepat kepada nasabah," kata Senior vice president, Asia Pasifik dan Jepang Talend, Jason Bissell.