Rabu 11 Oct 2017 19:13 WIB

Terkait Pengelolaan Aset, Pemerintah Harus Memperkuat BUMN

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Nidia Zuraya
Kantor Kementerian BUMN
Kantor Kementerian BUMN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyerahkan pengelolaan sejumlah pelabuhan dan bandara kepada pihak swasta. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan di pelabuhan dan bandara tersebut.

Anggota Komisi II DPR dari Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria mengatakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus dikelola dengan baik oleh negara. "Idealnya pemerintah harusnya memperkuat BUMN bukan malah menjual pengelolaannya kepada swasta," ujar Riza kepada Republika.co.id, Rabu (11/10).

Menurutnya, pekerjaan rumah pemerintah adalah menyiapkan kader-kader terbaik bangsa yang profesional untuk menduduki BUMN. "BUMN harus diperkuat, dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM)-nya di tingkat direksi sampai staff, regulasinya, pemerataannya dan sebagainya supaya profesional dan tidak diserahkan ke swasta," ujar Ahmad.

Dengan begitu kata Ahmad masyarakat juga yang akan memeroleh keuntungan yang banyak dari BUMN. Saat ini, sambung dia, yang paling utama adalah pemerintah harus melakukan langkah percepatan perbaikan BUMN.

"BUMN sudah diunggulkan, banyak mendapat privilage, mestinya BUMN lebih unggul dari pihak swasta," katanya.

Jika nanti pada kelanjutannya dijual Ahmad mengatakan BUMN menunjukkan negara yang lemah dan kalah terhadap swasta. Negara harus unggul dalam mengelola kekayaannya sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement