Selasa 10 Oct 2017 20:07 WIB

Mandalika Siapkan Dermaga Marina untuk Pemancing

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Dwi Murdaningsih
The Mandalika atau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika terus berbenah dengan melengkapi sejumlah fasilitas di area Pantai Kuta Mandalika.
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsyi
The Mandalika atau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika terus berbenah dengan melengkapi sejumlah fasilitas di area Pantai Kuta Mandalika.

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK TENGAH -- PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) atau PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) berencana membangun dermaga marina di kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala General Affair ITDC I Gusti Lanang Bratasuta mengatakan, dermaga marina rencananya akan ditempatkan di sebelah barat KEK Mandalika, atau tidak jauh dari Pantai Kuta Mandalika.

"Untuk dermaga marina kita siapkan lahan sekitar 4 hektar dan bisa dibangun (dermaga marina) bertaraf internasional," ujar Lanang di Pantai Kuta Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Selasa (10/10).

Lanang berharap, keberadaan dermaga marina menjadi magnet untuk menarik para penggemar mancing dari Australia. Selama ini, lanjut Lanang, penggemar mancing ikan di laut dari Negeri Kangguru tersebut kebanyakan melakukan hobinya di Singapura, Malaysia, dan Thailand.

"Padahal kita di Lombok ini kan punya jarak yang relatif dekat dengan Australia dibanding negara-negara tersebut," ucap Lanang.

Dengan adanya dermaga marina, turis Australia bisa singgah bahkan menjadikan KEK Mandalika sebagai tujuan utama untuk berlibur.  "Berharap 2018 sudah bisa dibangun, hingga saat ini sudah ada beberapa investor yang ingin masuk," kata Lanang menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya