Senin 02 Oct 2017 08:28 WIB

McDonald's Kalahkan Starbucks

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Nidia Zuraya
McDonalds
Foto: Time
McDonalds

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK--Sejak awal tahun, saham McDonald's telah meningkat hampir 33 persen. Itu artinya waralaba ini mengungguli waralaba besar seperti Starbucks.

Dilansir dari Forbes, Ahad (1/10), saham Wendy meningkat hanya 12 persen, sementara Chipotle dan Shake Shack masing-masing kehilangan 16,13 persen dan 7,92 persen, sedangkan Starbucks tetap datar. Ini seharusnya menjadi kejutan besar bagi para pesaing.

Bagaimana McDonald's melakukannya? Rupanya, waralaba dengan maskot berwarna kuning ini mampu memanfaatkan keuntungan paling penting, lokasi.

Strategi bisnis biasanya berpengaruh besar pada kemajuan sebuah bisnis, dimulai dengan merek perusahaan yang kuat hingga model bisnis waralaba yang memungkinkan McDonald's menghadirkan makanan cepat, nyaman dan murah. Berkaca dari masa lalu, McDonald's adalah pelopor di pasar makanan cepat saji yang sedang berkembang.

Sedangkan kini pasar makanan cepat saji penuh dengan pesaing yang telah mendapatkan daya tarik di kalangan generasi muda tapi ia pun mempertahankannya. Hal tersebut karena keberadaan gerai di lokasi yang tepat. Sebagai penggerak awal di sektor makanan cepat saji, toko McDonald's menempati lokasi utama di seluruh dunia dan biasanya memiliki lokasi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement