Jumat 15 Sep 2017 12:45 WIB

Nestle Rambah Bisnis Kedai Kopi

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Nestle
Foto: Nestle
Nestle

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Nestle melakuka ekspansi di bisnis kopi dengan membeli saham mayoritas dari Blue Bottle yang berbasis di California, senilai 500 juta dolar AS. Blue Bottle merupakan perusahaan ritel dan roaster kopi yang juga memiliki jaringan kedai kopi di Amerika Serikat.

Dengan pembelian tersebut, Nestle akan memiliki 68 persen saham di Blue Bottle, yang pada akhir tahun ini akan memiliki lebih dari 50 kedai kopi di California, New York, Washington, Miami, dan Tokyo. Sebelumnya, dua kedai kopi besar lainnya seperti Starbucks dan Keurig Green Mountain juga dibeli oleh JAB dua tahun lalu seharga 13,9 miliar dolar AS.

Dilansir Financial Times, Jumat (15/9), Blue Bottle didirikan pada awal 2000-an, dan telah mengumpulkan 120 juta dolar AS dari sejumlah investor termasuk penyanyi grup band U2, Bono serta pendiri Twitter dan Instagram. Blue Bottle mengusung kedai kopi yang bergaya minimalis dan perusahaan ini enggan menjual kopinya secara grosir untuk menjaga kualitas.

Konsolidasi antara perusahaan kopi indenden dengan perusahaan besar di AS telah meningkat dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Pada 2015, JAB telah mengakuisisi Stumptown yang berbasis di Portland dan Chicago's Intelligencia.

Nestle akan tetap melanjutkan ekspanis Nespresso di AS yang telah mencapai pertumbuhan dua digit selama tiga tahun terakhir. Rencananya, Nespresso akan membuka 53 gerai hingga akhir 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement