Jumat 01 Sep 2017 06:11 WIB

Kemenhub Minta Pertamina Siagakan Jerigen Solar

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
SPBU Pertamina
Foto: blogspot.com
SPBU Pertamina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Sugihardjo meminta PT Pertamina (Persero) menyiagakan jerigen bahan bakar minyak (BBM) jenis solar. Hal itu ia ingatkan untuk menghadapi libur panjang Idul Adha tahun ini.

Dia mengatakan pada lebaram Idul Fitri tahun ini Pertamina mengantisipasi dengan jerigen-jerigen BBM premium dan pertamax namun lupa menyiapkan solar. “Padahal 20 persen dari kendaraan yang ada menggunakan BBM jenis solar,” kata Sugihardjo, Kamis (31/8).

Sugihardjo juga mengingatkan dua hal yang harus diperhatikan para pemudik menggunakan kendaraan darat mengenai kondisi kesehatan fisik pengendara da kelaikan kendaraan. Hal lainnya, kata dia, pemudik harus memperhatikan batas kecepatan kendaraan dan mematuhi rambu lalu lintas.

Untuk menghadapi musim liburan Idul Adha 1438 H, Sugihardjo memastikan Kemenhub juga berkoordinasi dengan beberapa pihak. “Ini teman-teman dari Polda dibantu Dinas Perhubungan dan kita bekerja sama sebaik-baiknya untuk mengamankan jalur ini. Beberapa evaluasi terhadap hal-hal yang perlu disempurnakan dari penyelenggaraan sebelumnya ini juga sudah dilakukan,” ungkap Sugihardjo.

Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Pol Tomex Kurniawan menyebut puncak pergerakan kendaraan diprediksi akan terjadi sejak Kamis (31/8) sore hingga Ahad (3/9) sore. Tomex mengatakan pada Sabtu terjadi peningkatan karena akhir pekan, dan arus balik terjadi pada Ahad sore sampai malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement