REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Mandiri tidak mendapat banyak komplain nasabah terkait Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang offline. Terganggunya ATM tersebut akibat masalah yang terjadi pada satelit Telkom.
"Progresnya sudah mulai membaik. Makin sedikit (yang terganggu)," ujar Direktur Government & Institutional Bank Mandiri Kartini Sally saat ditemui di Plaza Mandiri, Kamis (31/8).
Ia mengatakan, ATM Bank Mandiri di kota besar banyak yang menggunan fiber optik sehingga tidak terlalu terdampak gangguan satelit Telkom. Biasanya, ATM yang menggunakan satelit adalah di daerah remote atau yang sulit diakses.
"Mandiri yang pakai satelit itu nggak banyak," kata dia.
Sementara itu Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Agusman mengatakan, pihaknya terus mendorong pemulihan satelit Telkom tersebut. Hal ini guna memastikan aktivitas masyarakat dalam pengurusan finansial tidak terganggu.
Waktu yang diperlukan PT Telkom untuk melakukan perbaikan satelit adalah dua hingga tiga pekan.