Senin 28 Aug 2017 06:14 WIB

Serunya Bermain di Festival Permainan Tradisional Astra

Anak-anak dari KBA Lengkong Kulon Tangerang sedang bermain dagongan dalam laga final Festival Permainan Tradisional Berseri di RPTRA Ciganjur Berseri, KBA Ciganjur, Jakarta Selatan.
Foto: astra
Anak-anak dari KBA Lengkong Kulon Tangerang sedang bermain dagongan dalam laga final Festival Permainan Tradisional Berseri di RPTRA Ciganjur Berseri, KBA Ciganjur, Jakarta Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Astra International Tbk mengadakan Festival Permainan Tradisional Berseri di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Ciganjur Berseri yang menjadi bagian dari Kampung Berseri Astra (KBA) Ciganjur, Ahad (27/8). Mengusung tema 'Permainan Untuk Anak Negeri', diharapkan dapat mendorong dan memperkuat kebersamaan dan menanamkan sikap gotong royong sejak dini pada anak.

“Saya ingat betul main tapak dan main karet waktu kecil. Permainan tradisional semacam ini harus kita kenalkan kepada anak-anak kita untuk membudayakan gotong royong sejak dini,” ujar Wakil Wali kota Jakarta Selatan Arifin dalam sambutannya.

Pada acara ini diadakan perlombaan permainan tradisional anak meliputi Egrang, Hadang/Gerobak Sodor, Terompah Panjang, Dagongan dan Jalan Balok, yang diikuti oleh anak-anak dari 13 KBA di area Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek). KBA tersebut adalah KBA Kebon Jeruk (Jakarta Barat), KBA Cengkareng Timur (Jakarta Barat), KBA Kebon Pala (Jakarta Timur), KBA Warakas (Jakarta Utara), KBA Sunter Jaya (Jakarta Utara), KBA Rawajati (Jakarta Selatan), KBA Rawasari (Jakarta Pusat), KBA Pulau Pramuka (Kepulauan Seribu), KBA Pinang (Tangerang), KBA Lengkong Kulon (Tangerang), KBA Bhakti Jaya (Depok), KBA Pekayon (Bekasi) dan KBA Ciganjur (Jakarta Selatan).

Festival Permainan Tradisional Berseri ini merupakan salah satu rangkaian dari Festival KBA se-nusantara yang dilaksanakan sebagai bentuk program aktivasi kegiatan di berbagai lokasi KBA. Secara khusus, kegiatan hari ini merupakan salah satu bentuk komitmen Astra untuk sekaligus membudayakan permainan tradisional anak agar dikenal oleh generasi milenial, terutama warga KBA.

Selain itu, dalam rangkaian acara ini dibawakan juga kesenian adat Betawi berupa tarian tradisional, yang para penarinya adalah siswa-siswi di KBA Ciganjur. Mereka adalah pemenang lomba tari dalam Gebyar RPTRA 2017 lalu. Pada kesempatan yang sama, Astra juga memberikan apresiasi kepada para peserta lomba mural Astra se-Jadetabek yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswi universitas dan perguruan tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement