Sabtu 26 Aug 2017 07:38 WIB

Bangka Belitung Siap Ekspor Lada ke Uzbekistan

Lada Putih
Lada Putih

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap mengekspor lada putih ke Republik Uzbekistan menyusul peningkatan hasil lada petani setempat.

"Hasil lada putih petani sudah mencapai 32.000 ton, sementara ekspor komoditas tersebut masih kisaran 5.000 ton per tahun," kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel Toni Batubara di Pangkalpinang, Jumat.

Toni mengatakan kunjungan Wakil Perdana Menteri Republik Uzbekistan YM Zoyir Toirovich Mirzaev beserta pejabat pemerintahan dan pengusaha dari Uzbekistan beberapa waktu lalu ke Pangkalpinang merupakan suatu peluang bagi pemerintah daerah untuk menjalin kerja sama perdagangan lada putih dan produk pertanian lainnya.

"Kami belum mengetahui secara pasti bentuk kerja sama antara Pemprov Kepulauan Babel dengan Uzbekistan, namun yang jelas kita siap memenuhi permintaan pasar negara tersebut," katanya.

Toni mengatakan dalam tiga tahun terakhir ini hasil lada putih mencapai 32.000 ton per tahun atau mengalami peningkatan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya 15.000 ton per tahun.

"Saat ini luas perkebunan lada putih petani 50.000 hektare dan diperkirakan akan terus bertambah, karena minat petani mengembangkan perkebunan komoditas ekspor tersebut cukup tinggi," katanya.

Toni mengimbau petani untuk lebih memerhatikan kebun ladanya.

"Kami berharap petani tidak main tinggal-tinggal kebun ladanya. Selama ini kebiasaan petani tidak merawat tanaman ladanya sampai sakit, kurang pupuk dan lainnya," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement