Selasa 15 Aug 2017 16:12 WIB

Pemerintah tak Biayai LRT, dari Mana Pembiayaannya?

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Nur Aini
Suasana kondisi pembangunan proyek kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) rute Cibubur-Cawang masih proses penyelesaian di Tol Jagorawi, Kampung Makasar, Jakarta, Kamis (10/8).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Suasana kondisi pembangunan proyek kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) rute Cibubur-Cawang masih proses penyelesaian di Tol Jagorawi, Kampung Makasar, Jakarta, Kamis (10/8).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- PT KAI (Persero) mengatakan bahwa surat dari Menteri Keuangan terkait skema pembiayaan proyek Light Rapit Transit (LRT) Jabodebek telah keluar. Isinya yakni bahwa pembiayaan LRT menggunakan dana korporasi, bukan APBN. "Surat itu kita tunggu-tunggu, sebagai langkah lebih lanjut," ujar Direktur Logistik dan Pengembangan PT KAI Budi Noviantoro kepada wartawan di Balai Yasa Manggarai, Jakarta, Selasa (15/8). Disebutkan dana korporasi tersebut berasal dari sindikasi perbankan.

Setelah surat dari Menteri Keuangan, saat ini PT KAI sedang menunggu surat jaminan dari pemerintah. Setelah surat tersebut keluar, baru bisa dibuat surat perjanjian pinjaman dari sindikasi perbankan. "Target kita paling nggak November lah itu sudah ada perjanjian. Kemudian di awal Desember kontraktornya akan dibayar. Kan saat ini kontraktor membiayai dulu," kata Budi.

Meskipun menggunakan sindikasi perbankan, PT KAI sebagai BUMN juga tetap memperoleh Penyertaan Modal Negara (PMN). Melalui APBN-P 2017, yakni sebesar Rp 2 triliun. Sesuai keputusan yang telah dikeluarkan komisi VI DPR pada Juli lalu. Setelah masa konsesi selesai, alokasi dana yang digunakan akan dikembalikan lagi kepada pemerintah dann dimasukkan ke APBN.

KAI telah menerima PMN sebesar Rp 4 triliun, yakni Rp 2 triliun dari pengalihan PMN yang semula dialokasikan untuk pengadaan kereta api Trans Sumatra. Tambahan PMN lagi di tahun depan sebesar Rp 3,6 triliun untuk proyek LRT Jabodebek.

Sedangkan dari sindikasi perbankan, LRT akan menampung dana dari bank pemerintah dan swasta. Sindikasi pembiayaan berasal dari bank BUMN yakni PT Bank Mandiri, PT Bank Negara Indonesia, dan PT Bank Rakyat Indonesia. Selain itu, bank swasta berasal dari PT Bank Central Asia (BCA) dan Bank CIMB Niaga. BCA menyatakan telah menyiapkan Rp 2 triliun. Sedangkan CIMB Niaga memberikan pinjaman dengan bunga 8,25 persen. Namun belum menyebutkan jumlah uang yang dialokasikan.

Anggaran keseluruhan LRT Jabodebek mencapai Rp 27 triliun. Pembagiannya yakni Rp 24 triliun untuk pengadaan prasarana dan Rp 3 triliun untuk sarana. Selaku kontraktor proyek, PT Adhi Karya dan PT KAI menanggung anggaran sebesar Rp 9 triliun. Sisa Rp 18 triliun dibantu oleh sindikasi perbankan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement