Rabu 09 Aug 2017 04:14 WIB

Bank Mandiri akan Akuisisi Dua Bank di Filipina

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Budi Raharjo
Bank Mandiri (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Bank Mandiri (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- PT Bank Mandiri Tbk telah menyatakan berniat berekspansi ke Fipilina dalam waktu dekat. Perluasan bisnis itu diharapkan bisa mulai dilakukan pada tahun depan.

Bank Mandiri pun kini sudah semakin dekat dengan rencana tersebut. "Di pipeline kami, rencana ekspansi ke luar di Asia Tenggara, namun Filipina yang sudah dekat. Kami juga lagi lihat-lihat perusahaan di sana," ujar Direktur Distribusi Bank Mandiri Hery Gunardi mengaku, kepada wartawan saat ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa, (8/8).

Ia menyatakan, nantinya perseroan akan mengakuisisi dua perbankan di Filipina. Saat ini bank berpelat merah itu pun tengah melakukan uji tuntas.

Filipina, kata Hery, merupakan negara kedua yang menjadi target ekspansi Bank Mandiri. Sebelumnya Bank Mandiri telah mendapat izin membuka kantor cabang penuh di Malaysia. Hanya saja kemungkinan mulai beroperasi pada akhir tahun ini.

Rencananya, kantor cabang Malaysia akan melayani pembiayaan beberapa perusahaan Indonesia yang telah berdiri di Negeri Jiran tersebut. "Sekarang kami sudah punya kantor remittance juga di sana untuk melayani pengiriman uang tenaga kerja Indonesia di sana," jelas Hery.

Ke depan, Bank Mandiri berencana pula berekspansi ke negara Asia Tenggara lainnya seperti Vietnam dan Kamboja. "Namun itu masih jauh," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement