Kamis 03 Aug 2017 16:22 WIB

Pemerintah akan Kembangkan Teknologi Pengolahan Garam

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Andi Nur Aminah
Luhut Binsar Panjaitan
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Luhut Binsar Panjaitan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Maritim, Luhut Binsar Pandjaitan mengaku persoalan kelangkaan garam memang perlu diatasi. Ia mengatakan, untuk jangka panjang, Luhut mengatakan pihaknya bersama BPPT akan membuat sentra produksi garam yang ada di beberapa daerah.

Luhut menjelaskan, memang kelangkaan garam saat ini tak bisa ditampik karena faktor cuaca yang mengalami anomali dan kurangnya matahari. Namun, kedepan Luhut mengatakan Indonesia bisa menjadi sentra produksi garam tanpa harus bergantung pada matahari.

"Jadi besok saya akan rapat soal itu. Jadi kita mau bikin sentra garam itu di Kupang, nanti kalau jalan kita bikin di wilayah lain. Ada teknologi dari BPPT yang bisa bikin garam tidak terpengaruh pada cuaca dan cost-nya lebih rendah," ujar Luhut di Kantornya, Kamis (3/8).

Ia mengatakan dengan dibuatnya sentra sentra produksi garam maka bisa meminimalisir ketergantungan negara akan impor. Ia juga mengatakan teknologi yang dibuat BPPT juga mengedepankan teknologi yang lebih murah dan bisa diakses oleh semua masyarakat. "Nanti kita juga bisa bikin ini di Madura, jadi tidak perlu impor lagi," ujar Luhut.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement