Jumat 21 Jul 2017 14:00 WIB

Indonesia dan Vietnam Perkuat Kerja Sama Maritim

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Dwi Murdaningsih
Ikan
Foto: Antara
Ikan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia dan Vietnam sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang maritim. Hal ini ditandai dengan pertemuan antara Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla dengan Deputy Prime Minister Vietnam Vuong Dinh Hue di Kantor Wakil Presiden, Jumat (21/7).

Jusuf Kalla mengatakan, kedua negara sepakat untuk mengatur patroli bersama di wilayah perairan agar dapat mengantisipasi ancaman keamanan. Selain itu, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Vietnam juga setuju untuk menyelesaikan iliegal fishing.

"Kita akan perbaiki semua hubungan, semua diselesaikan secara bersama-sama dan akan diatur suatu pertemuan nanti pada awal Agustus di Hanoi," ujar Jusuf Kalla.

Pertemuan tersebut juga membicarakan mengenai rencana kedatangan Sekjen Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong ke Indonesia pada akhir Agustus 2017. Partai Komunis Vietnam adalah partai penguasa di negeri tersebut dan Nguyen Phu Trong merupakan orang yang memiliki kedudukan tinggi di Pemerintahan Vietnam.

Deputy Prime Minister Vietnam Vuong Dinh Hue mengatakan, Indonesia dan Vietnam akan meningkatkan kerja sama di berbagai bidang. Dalam pertemuan tersebut, Pemerintah Vietnam akan menyambut Presiden RI Joko Widodo yang direncanakan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC pada November 2017 mendatang di Da Nang, Vietnam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement