Jumat 14 Jul 2017 20:50 WIB

PGN Bangun Stasiun Gas Bumi di Semare Pasuruan

Rep: Binti Sholikah/ Red: Nidia Zuraya
pipa gaspgn (ilustrasi)
Foto: pt pgn
pipa gaspgn (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk memperluas jaringan infrastruktur pipa gas bumi di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur dengan membangun stasiun gas bumi (stasiun offtake). Stasiun offtake tersebut berfungsi untuk menghubungkan fasilitas penerima gas bumi (onshore receiving facility) pemasok ke jaringan pipa gas bumi eksisting PGN.

Sales Area Head PGN Area Surabaya-Gresik Misbachul Munir mengatakan PGN telah menyelesaikan jaringan pipa gas bumi sepanjang 2,2 kilometer dengan diameter 10 inch (sepanjang 0,4 kilometer) dan 16 inch (sepanjang 1,8 kilometer) serta telah membangun stasiun offtake di Desa Semare, Kecamatan Kraton, Pasuruan.

"Februari tahun lalu proyek pipa gas bumi Semare kami kerjakan dan sudah bisa dioperasikan saat ini," katanya kepada wartawan di Surabaya, Jumat (14/7).

Ia menjelaskan, pembangunan pipa gas bumi Semare bertujuan mendukung keandalan penyaluran gas bumi bagi pelanggan PGN di Jawa Timur. "Pasokan gas bumi PGN ini dapat meningkatkan pemanfaatan produksi gas bumi dalam negeri yang dapat digunakan untuk pembangkit listrik, kebutuhan energi industri di Jawa Timur, sampai ke usaha komersial seperti hotel, restoran, Usaha Kecil Menengah (UKM) dan rumah tangga," imbuhnya.

Menurutnya, pasokan gas bumi dari lapangan HCML di Madura akan berlangsung selama 20 tahun. Sehingga akan mendukung pasokan gas untuk pelanggan PGN di Jawa Timur mulai dari Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, Pasuruan hingga Probolinggo.

Pasokan energi gas bumi tersebut diharapkan mendorong investor semakin berminat melakukan investasi di Jawa Timur. Sehingga mendorong perekonomian masyarakat menjadi lebih baik.

Di Jawa Timur, saat ini PGN melayani 33.396 pelanggan rumah tangga, 209 pelanggan komersial, dan 465 pelanggan industri. Secara total, PGN telah memasok gas bumi ke 1.652 industri besar dan pembangkit listrik, 1.929 pelanggan komersial seperti hotel, restoran, rumah sakit dan pelanggan Usaha Kecil Menengah (UKM), serta 204.000 pelanggan rumah tangga.

Selain Jawa Timur, pelanggan PGN tersebar di 19 kabupaten/kota di 12 provinsi mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Utara dan Papua Barat. Total pipa gas bumi yang dibangun dan dioperasikan PGN saat ini mencapai lebih dari 7.270 kilometer. Panjang pipa tersebut setara dengan 80 persen infrastruktur pipa gas bumi hilir seluruh Indonesia.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement