Senin 10 Jul 2017 20:34 WIB

BSM Tambah Pembiayaan Rp 500 Miliar untuk FIF Group

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Qommarria Rostanti
BSM
BSM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Bank Syariah Mandiri (BSM) memberikan penambahan fasilitas pembiayaan modal kerja sebesar Rp500 miliar kepada PT Federal International Finance (FIF Group). Pembiayaan antara BSM dan FIFGROUP berskema murabahah line facility dengan tenor maksimal tiga tahun.

FIF Group akan menggunakan pembiayaan tersebut untuk modal kerja pembiayaan sepeda motor baru dan bekas merek Honda berbasis syariah melalui brand AMITRA. Direktur Wholesale Banking BSM Kusman Yandi mengatakan penambahan pembiayaan dilakukan karena tingginya potensi pembiayaan kendaraan roda dua di FIF Group.

Sebelumnya BSM juga telah membiayai FIFGROUP sebesar Rp 500 miliar. "Alhamdulillah kerja sama ini sangat baik dan menguntungkan kedua pihak," ujar Kusman Yandi dalam acara penandatanganan akad pembiayaan antara FIF dengan BSM di Jakarta, Senin (10/7).

Dari kerja sama ini, BSM juga berharap bisa masuk ke pembiayaan segmen ritel. Adapun pembiayaan segmen ritel yang dibidik yaitu pembiayaan untuk para karyawan FIF Group. "Karyawan FIFGROUP dan lebih jauh Group ASTRA bisa menggunakan jasa dan layanan perbankan syariah dari BSM seperti gadai dan cicil emas dan lain-lain,'' kata Yandi.

Presiden Direktur FIF Group Margono Tanuwijaya mengatakan, perusahaannya sedang menaruh perhatian khusus pada pengembangan bisnis berbasis syariah. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, FIFGROUP mengembangkan dan memperkuat pembiayaan berbasis syariah yang dimilikinya. "Hal ini juga selaras dengan himbauan OJK mengenai pengembangan pembiayaan syariah guna meningkatkan potensi niche market (ceruk pasar) syariah di Indonesia,” kata Margono.

Direktur Keuangan FIF Group, Hendry Christian Wong juga menyebut, kerja sama dengan BSM didasari oleh kesamaan misi untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

FIFGROUP, kata dia, merasa nyaman bekerja sama dengan BSM. Dia pun berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut.

FIF Group merupakan anak perusahaan ASTRA yang bergerak di bidang pembiayaan dengan empat merek ternama, yaitu FIF Astra, SPEKTRA, DANASTRA, dan AMITRA. Sampai saat ini, FIFGROUP memiliki 194 kantor cabang dan 416 poin layanan yang bekerja sama dengan 1.700 dealer sepeda motor Honda.

BSM sendiri hingga kini mempunyai 765 jumlah outlet di seluruh Indonesia. Sampai Juni 2017, aset BSM telah mencapai Rp 81 triliun. BSM merupakan satu-satunya bank syariah buku III.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement