Senin 10 Jul 2017 15:45 WIB

Perbankan Optimistis dengan Kondisi Ekonomi Nasional

Red: Nur Aini
Pembangunan infrastruktur, ilustrasi
Pembangunan infrastruktur, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perbankan nasional menyatakan optimistis terhadap kondisi perekonomian nasional saat ini yang tampak dari kinerja laba sejumlah bank membaik dan meningkat pada kuartal I 2017.

"Menjalani triwulan kedua tahun 2017 ini, kami percaya bahwa prestasi yang telah dicapai dalam kuartal pertama akan mendukung komitmen kami ke depannya untuk senantiasa menjadi mitra pertumbuhan bagi bangsa," kata Direktur Strategi dan Perencanaan Bank DBS Indonesia Rudy Tanjung dalam rilis, di Jakarta, Senin (10/7).

Bank DBS Indonesia mencatat kinerja keuangan yang baik selama kuartal I 2017, yaitu dengan laba bersih meningkat 75 persen (yoy) atau dari Rp 151 miliar menjadi Rp 263 miliar. Peningkatan laba bersih ini didukung oleh kenaikan pendapatan bunga bersih sebesar 23 persen menjadi Rp 740 miliar. Rudy juga memaparkan, strategi pihaknya pada tahun ini antara lain berfokus kepada segmen bisnis perbankan korporasi dan UKM, hingga memperkuat agenda transformasi untuk menjadi bank digital.

Sikap optimis juga ditunjukkan oleh Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Maryono atas profit perseroan yang dipimpinnya pada tahun ini akan meningkat dibandingkan profit tahun sebelumnya. "Dari sisi dana pihak ketiga, kredit atau aset tidak mengalami perubahan, tapi kami ada perubahan dari sisi profit and lost. Prediksi kami profit naik," ujar Maryono, di Jakarta, Kamis (15/6) lalu. Pada kuartal I 2017 lalu, laba bersih BTN mencapai Rp 594 miliar atau tumbuh 21,03 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Sedangkan survei "Asian Enterprise" 2016 oleh bank terkemuka di Asia, United Overseas Bank (UOB) mengungkapkan 76 persen perusahaan Indonesia optimistis Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan membantu pertumbuhan bisnis mereka dengan terbuka berbagai peluang perluasan bisnis di wilayah Asia Tenggara.

Keterangan dari UOB yang diterima di Jakarta, Rabu (21/6) menyebutkan optimisme perusahaan Indonesia terhadap MEA tersebut berada di urutan kedua setelah perusahaan-perusahaan Thailand yang menunjukkan tingkat optimisme sebesar 83 persen.

Sebelumnya, Analis riset pasar keuangan FXTM (perusahaan jasa finansial) Lukman Otunuga menyatakan, Bank Dunia menunjukkan optimisme terhadap kondisi perekonomian di Indonesia sehingga berbagai pihak terkait juga perlu menjaga momentum itu. "Sentimen terhadap ekonomi Indonesia membaik karena laporan bahwa Bank Dunia tetap optimis terhadap keadaan negara ini. Proyeksi pertumbuhan terbaru Bank Dunia menampilkan bahwa ekonomi Indonesia tetap tangguh di tahun 2017 dan termasuk pasar berkembang yang paling menarik," kata Lukman Otunuga.

Menurut dia, sejumlah hal yang menimbulkan sentimen optimistis tersebut antara lain pertumbuhan kredit yang menyentuh sekitar 10 persen per tahun dan inflasi mulai stabil. Data ekonomi yang positif tersebut, ujarnya, menunjukkan prospek secara umum terhadap kondisi ekonomi di Tanah Air juga tampak cerah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement