Kamis 06 Jul 2017 08:51 WIB

Harga Daging Ayam di Jember Turun Pasca-Lebaran

Masyarakat membeli daging ayam (ilustrasi)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Masyarakat membeli daging ayam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Jember, Jawa Timur, terus menurun pascalebaran 2017 seiring dengan stabilnya pasokan dan permintaan akan komoditas tersebut. "Harga daging ayam pekan ini perlahan-lahan turun karena harganya sempat melambung tinggi menembus Rp 40 ribu per kilogram menjelang lebaran karena permintaannya meningkat. Sedangkan pasokan dari peternak ayam menurun," kata Zubaidah, pedagang ayam di Pasar Tanjung Jember, Kamis (6/7).

Menurut dia, harga daging ayam pada Lebaran Ketupat atau pada H+7 Lebaran 2017 juga tinggi di kisaran Rp 35 ribu hingga Rp 37 ribu per kilogram. Karena tingginya permintaan, sedangkan pasokannya stabil. "Pekan ini harga daging ayam ras berangsur-angsur turun menjadi Rp 28 ribu hingga Rp 27 ribu/kg karena permintaan dan pasokan juga stabil, bahkan diprediksi harga daging ayam terus turun," tuturnya.

Ia mengatakan bahwa harga daging ayam ras normalnya berkisar pada Rp 24 ribu hingga Rp 25 ribu/kg di Pasar Tanjung. Bahkan harganya beberapa pekan lalu sempat merosot di kisaran Rp 20 ribu hingga Rp 22 ribu/kg karena pasokan berlimpah. "Pasokan daging ayam ras selama Ramadan hingga Lebaran 2017 di Jember cukup stabil sehingga lonjakan harga hanya terjadi dalam kurun waktu singkat, yakni dua hingga tiga hari saja," ujarnya.

Selain daging ayam, harga daging sapi juga mengalami penurunan dari Rp 120 ribu/kg jelang lebaran dan pekan ini sudah stabil menjadi Rp 110 ribu/kg. Sementara itu, pedagang bumbu dapur Siti Fatimah mengatakan bahwa harga bumbu dapur justru naik pasca-Lebaran karena pasokannya berkurang, seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit. "Harga bawang merah naik dari Rp 32 ribu menjadi Rp 33 ribu/kg dan bawang putih naik dari Rp 19.500/kg menjadi Rp 20 ribu/kg karena pasokan komoditas tersebut berkurang," katanya.

 

Harga cabai rawit juga naik dari Rp 24.500 menjadi Rp 28.600/kg. Sedangkan cabai merah besar justru mengalami penurunan dari Rp 16 ribu menjadi Rp 14.600,00/kg pada pekan ini. Pantauan di Pasar Tanjung Jember, harga komoditas bahan pokok masih terpantau stabil, yakni beras berkisar Rp 9.000 hingga Rp 11 ribu/kg, gula pasir Rp 12.300/kg, dan minyak goreng Rp 11.500/kg.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement