Selasa 13 Jun 2017 04:49 WIB

Inflasi Tahun Depan Ditargetkan di Bawah 4 Persen

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Budi Raharjo
ilustrasi inflasi.
ilustrasi inflasi.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Darmin Nasution menyatakan, rendahnya angka inflasi bisa menurunkan tingkat suku bunga kredit. Maka angka inflasi harus dapat dijaga sesuai target yakni 4 plus minus 1 persen.

Ia menjelaskan, suku bunga deposito juga akan turun bila inflasi rendah. "Maka bunga kredit akan lebih rendah," ujarnya di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin, (12/1). Menurutnya suku bunga kredit rendah bisa menggenjot pertumbuhan ekonomi.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menambahkan, tahun depan target inflasi akan lebih rendah yakni 3,5 plus minus 1 persen. "Ini akan menjadi tantangan kita bersama untuk menyejajarkan Indonesia dengan beberapa negara di Asia Tenggara yang rata-rata inflasinya dua sampai tiga persen," jelasnya pada kesempatan serupa.

Ia menyebutkan inflasi di Malaysia sebesar 1,83 persen, Filipina 2,59 persen, dan Thailand 1,13 persen. Sedangkan Indonesia, angka inflasi Mei mencapai 4,33 persen year on year atau 0,39 persen month to month.

"Angka tersebut lebih rendah dari rata-rata tiga tahun terakhir yakni 5,93 persen," tutur Agus.

Ia meyakini, BI dan pemerintah dapat menjaga angka inflasi tetap di bawah lima persen sampai akhir tahun. 

sumber : Center
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement