Kamis 18 May 2017 17:08 WIB

BNI Syariah dan Nara Kreatif Dorong Pendidikan Anak Jalanan

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Anak jalanan (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Anak jalanan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesempatan meraih pendidikan yang layak bagi golongan marginal dan anak-anak jalanan cenderung masih rendah di Indonesia. Hal tersebut yang mendorong Nezatullah Ramadhan mendirikan Yayasan Nara Kreatif untuk memberikan solusi permasalahan sosial melalui pengembangan pendidikan dan kemandirian bagi anak-anak jalanan khususnya di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Sejak didirikannya tahun 2012, Yayasan Nara Kreatif berfokus pada tiga bidang diantaranya pendidikan, lingkungan dan ekonomi dengan memberikan ketrampilan mendaur ulang sampah untuk diolah menjadi barang bernilai ekonomis diantaranya paper bag, souvenir, dan kertas daur ulang bagi perusahaan.

Nezatullah Ramadhan merupakan Duta Hasanah BNI Syariah. Sejalan dengan visi Nara Kreatif dalam mengembangkan kemandirian bagi anak anak jalanan, sejak tahun 2014 BNI Syariah bersama Yayasan Hasanah Titik turut bersinergi positif bersama Nara Kreatif yang diimplementasikan dalam berbagai program diantaranya Hasanah Empowerment, Hasanah Qurani, Eco communitypreneur serta pembangunan fasilitas sekolah bagi para binaan yang mencapai 200 orang.

“Nara Kreatif dan BNI Syariah menjadi satu kesatuan yang saling mendukung dalam berbagai hal baik pendidikan, pengembangan karakter dan ekonomi. Hal ini tentu menjadi spirit bagi kami untuk terus mencetak generasi-generasi muda berprestasi dengan keterbatasan ekonomi," kata Nezatullah, Pendiri Nara Kreatif.

Saat ini BNI Syariah bersama komunitas Jurnalis Ekonomi Syariah (JES) tengah menggalakkan program Hasanah Journalistic Training bagi anak-anak jalanan. Sebuah program pelatihan menulis dan jurnalistik untuk pemberitaan serta fotografi yang akan dibimbing oleh jurnalis dan fotografer dari berbagai media cetak dan online yang tergabung dalam Jurnalis Ekonomi Syariah (JES).

"Alhamdululliah, sejak mengikuti kegiatan Hasanah Qurani, saya dan teman-teman Nara Kreatif dapat belajar membaca Alquran lebih baik karena dibimbing pengajar yang menyenangkan dengan suasana kelas yang nyaman," ujar Bejo salah satu anak binaan Nara Kreatif.

Corporate Secretary BNI Syariah Endang Rosawati mengatakan BNI Syariah meyakini bahwa anak-anak merupakan investasi masa depan untuk bangsa dan negara. "Untuk itu BNI Syariah dengan mengusung Hasanah Lifestyle terus berupaya menebarkan nilai- nilai Hasanah bagi anak-anak jalanan. Kami berharap dengan adanya kerjasama antara BNI Syariah, Nara Kreatif dan JES dapat menciptakan generasi muda yang berkarakter dan berHasanah bagi Indonesia," kata Endang.

Yayasan Hasanah Titik adalah lembaga sosial, kemanusiaan dan keagamaan yang mempunyai afiliasi dengan pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh PT. Bank BNI Syariah berdiri sejak Mei 2014.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement